Hadiri HUT ke-31 KMHDI, Wamenag Beri Pesan Jaga Kerukunan Umat Beragama

Rabu, 04 September 2024 - 19:33 WIB
loading...
Hadiri HUT ke-31 KMHDI,...
Wamenag, Saiful Rahmat Dasuki menitipkan pesan kepada KMHDI untuk selalu menjaga kerukunan umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) , Saiful Rahmat Dasuki menitipkan pesan kepada Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) untuk selalu menjaga kerukunan umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut disampaikan dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 KMHDI bertempat di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta, Selasa 3 September 2024 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Rahmat Dasuki mengatakan salah satu cara untuk menciptakan kerukunan umat beragama adalah dengan cara mengedepankan moderasi beragama.Dasuki mengatakan moderasi beragama dilaksanakan dengan tujuan menjaga kebebasan umat beragama warga negara.



Ia mengatakan moderasi beragama adalah sikap toleran yang mensyukuri ciptaan tuhan. Lebih jauh, Dasuki menjelaskan saat ini moderasi beragama penting digelorakan kembali lantaran ada tiga kelompok yang mencoba mengoyak-ngoyak perbedaan kita dan menjauhkan perbedaan kita menjadi sebuah permusuhan dan menjadi sebuah konflik.

"Kelompok pertama yaitu penganut klaim kebenaran tunggal. Mereka yang merasa paling benar dan menjadi wakil Tuhan di muka bumi ini dan merasa berhak untuk mengatasnamakan Tuhan di muka bumi ini," ujar Dasuki dikutip, Rabu (4/9/2024).

Kelompok kedua, kata Dasuki, adalah kelompok eksklusifi, lalu ketiga adalah kelompok penganut ideologi tranasional. Menurut Dasuki, kehadiran ketiga kelompok tersebut membuat kita semua, termasuk KMHDI harus masif menggelorakan semangat moderasi beragama.

Sementara itu, Ketua Umum PP KMHDI Wayan Darmawan mengatakan sepanjang kepemimpinan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, pergeseran dan konflik antarumat beragama terus berkurang.

"Hal ini menandakan bahwa kepemimpinan Gus Men dan Pak Wamen berhasil menghadirkan kesejukan bagi kehidupan umat beragama di Indonesia," Darmawan.

Lebih jauh, dia mengatakan pihaknya siap menjadi garda terdepan moderasi umat beragama. Menurutnya, dengan moderasi umat beragama, Indonesia bisa optimistis menatap dan menapaki jalan Indonesia Emas 2045.



Darmawan juga mengapresiasi Menag Yaqut dan Wamen Dasuki yang telah mengakomodir aspirasi umat Hindu seperti menjadikan Candi Prambanan sebagai pusat persembahyangan dunia dan menerbitkan PMA Widyalaya.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)