Keren! Aksi Alutsista Buatan Dalam Negeri di KTT IAF 2024

Rabu, 04 September 2024 - 13:14 WIB
loading...
Keren! Aksi Alutsista...
Panser Anoa dengan kelengkapan sistem kendali tembak atau RCWS mejeng saat KTT Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLP MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) Ke-2 2024 di Bali. Foto: Ist
A A A
BALI - Ada sisi lain yang menarik dari KTT Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLP MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) Ke-2 2024 di Bali. Di antara bermacam alutsista TNI yang bersiaga mendukung keamanan di Bali tanggal 1-3 September 2024, terdapat sejumlah panser Anoa dengan kelengkapan sistem kendali tembak atau Remote Controlled Weapon Station (RCWS) di atasnya.

RCWS ini merupakan karya anak bangsa dari PT Respati Solusi Rekatama yang sebelumnya pernah tampil di acara live demo pada gelaran Indodefence 2022 lalu.



RCWS buatan dalam negeri ini ternyata telah dipasang di panser Anoa milik TNI AD dan turut serta dalam pengamanan KTT IAF.

Keuntungan dari penggunaan RCWS adalah penembak terlindungi badan ranpur serta penembakan bisa dilakukan dengan tepat dalam segala kondisi.

“Kami bangga produk kami bisa ikut serta dalam acara dengan skala internasional seperti ini. Ini bukti bahwa anak bangsa bisa berkontribusi aktif dalam bidang pertahanan dan kemanan. Ini juga menjadi penyemangat bagi kami untuk berkarya mengejar kemandirian nasional khususnya di bidang alutsista,” ujar Direktur Utama PT Respati Solusi Rekatama Dhita Yudhistira, Rabu (4/9/2024).

"RCWS Respati merupakan hasil pengembangan bertahun-tahun dan juga sudah mendapatkan sertifikasi TKDN 58,3%,” sambungnya.

Panser Anoa buatan Pindad merupakan salah satu hasil karya anak bangsa yang sudah lama menjadi kebanggaan Indonesia. Dengan penambahan RCWS dari atas sampai bawah seluruhnya adalah hasil karya anak bangsa.

Melihat partisipasi alutsista buatan dalam negeri dalam perhelatan acara internasional ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan. Lebih penting lagi, penggunaan alutsista buatan dalam negeri mampu menjamin kemandirian pertahanan dan juga menunjang perekonomian nasional.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)