Muhammadiyah: Kedatangan Paus Fransiskus Promosikan Toleransi Indonesia di Mata Dunia

Selasa, 03 September 2024 - 16:33 WIB
loading...
Muhammadiyah: Kedatangan...
Sekum PP Muhammadiyah Abdul Muti mengatakan, kedatangan Paus Fransiskus promosikan toleransi Indonesia di mata internasional. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kunjungan pemimpin tertinggi Katolik Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi bagian dari promosi Indonesia di mata internasional. Terutama adanya toleransi antaragama di Indonesia meski multikultural.

"Bagi bangsa Indonesia tentu ini juga merupakan bagian dari promosi Indonesia di mata internasional karena masyarakat dunia lebih mengenal Indonesia. Dengan kunjungan Paus Fransiskus ini Indonesia sebagai negara yang sangat majemuk dari sisi agama dan budaya yang masyarakatnya hidup berdampingan secara rukun dan damai akan mendapatkan reportase yang cukup luas dari media dunia yang menyertai kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia,"kata Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam Program Lawatan Paus Fransiskus di iNews TV, Selasa (3/9/2024).

PP Muhammadiyah, kata Abdul, kunjungan Paus di merupakan kehormatan dan penghormatan bagi masyarakat Indonesia. Di mana meski memiliki jadwal yang cukup padat, pemimpin tertinggi umat Katolik dunia ini tetap menyempatkan waktunya untuk melakukan perjalanan ke Indonesia untuk mengikuti beragam acara.



"Itu menunjukkan bagaimana kedekatan dan juga sekaligus komitmen dari Paus Fransiskus untuk membangun hubungan baik dengan masyarakat Indonesia dan juga dengan umat Islam,"ucapnya.

Terutama kalau Paus Fransiskus ini adalah pemimpin Katolik dan juga yang memiliki kedekatan secara personal dengan para tokoh dan pemimpin muslim salah satu dengan Grand Syeikh al-Azhar Dr. Ahmad el-Thayeb,



Paus Fransiskus menandatangani Dokumen Abu Dhabi tentang Human Fraternity yang mana berisi 12 poin ajaran dan spirit mengenai perdamaian dan persaudaraan yang sejati serta berbagai masalah yang berkaitan dengan pentingnya menghormati sesama manusia dengan penghormatannya setinggi-tingginya.

"Karena itu kami menyambut baik dan kami tentu berharap agar masyarakat dan bangsa Indonesia dapat menjadi tuan rumah yang baik, menunjukkan keluruhan budaya juga peradaban bangsa Indonesia tidak hanya di mata Paus Fransiskus tapi juga tamu-tamu yang menyertai Paus Fransiskus ke Indonesia,"tuturnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)