5 Irjen Polisi Jabat Kapolda Terlama, Nomor 2 Peraih Adhi Makayasa Akpol 1992

Minggu, 01 September 2024 - 05:15 WIB
loading...
5 Irjen Polisi Jabat...
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara serah terima jabatan Kapolda Sulut di Ruang Perjamuan Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/1/2024) siang. FOTO/DOK.HUMAS POLRI
A A A
JAKARTA - Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri berpangkat Irjen kini menjabat sebagai Kapolda . Enam di antaranya telah menduduki jabatan tersebut cukup, bahkan ada yang hampir tiga tahun.

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembentukan Peraturan Kepolisian, Kapolda adalah pimpinan Polri di daerah provinsi dan bertanggung jawab kepada Kapolri. Mereka yang menjabat Kapolda memiliki 2 tanda bintang di pundak seragamnya. Pangkatnya Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) atau sering juga disebut jenderal bintang 2 .

Saat ini terdapat 34 Kapolda di Indonesia. Beberapa di antara telah lama menjabat, bahkan ada yang hampir tiga tahun. Siapa saja mereka?



Irjen Polisi yang Menjabat Kapolda Terlama

1. Irjen Pol Mohammad Iqbal, SIK, MH

5 Irjen Polisi Jabat Kapolda Terlama, Nomor 2 Peraih Adhi Makayasa Akpol 1992

FOTO/IST

Mohammad Iqbal menjadi Irjen Polisi yang menjabat Kapolda Pertama terlama. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 dari Korps Lantas itu menjabat sebagai Kapolda Riau sejak 17 Desember 2021. Artinya Iqbal telah menjabat selama 2 tahun 8 bulan.

Menilik riwayat kariernya, Iqbal telah dua kali menjabat sebagai Kapolda. Sebelumnya memimpin Polda Riau, polisi kelahiran, Palembang, 4 Juli 1970 itu ditugaskan sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2020.

Beberapa jabatan penting yang pernah diemban adalah Kapolres Gresik, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kapolrestabes Surabaya, Karopenmas Divhumas. Kemudian dipercaya sebagai Wakapolda Jatim dan Kadiv Humas Polri sebelum promosi sebagai Kapolda.

2. Irjen Pol Suharyono, SIK, SH

5 Irjen Polisi Jabat Kapolda Terlama, Nomor 2 Peraih Adhi Makayasa Akpol 1992

FOTO/IST

Selanjutnya ada nama Suharyono yang bertugas sebagai Kapolda Sumatera Barat sejak 14 Oktober 2022. Ini berarti Suharyono telah menduduki jabatan itu selama 1 tahun 10 bulan.

Suharyono merupakan lulusan terbaik Akpol 1992 dan penerima penghargaan Adhi Makayasa yang berpengalaman di bidang intel. Tak mengherankan jika kariernya di kepolisin cukup cemerlang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)