Pati Bintang 4 Berpeluang Masuk Bursa Panglima TNI, Nomor 1 Menantu Luhut Pandjaitan

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 18:30 WIB
loading...
Pati Bintang 4 Berpeluang...
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Sejumlah Pati Bintang 4 berpeluang masuk bursa Panglima TNI baru di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi bintang 4 berpeluang masuk bursa Panglima TNI baru. Salah satunya Maruli Simanjuntak yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Sebelumnya, bursa calon Panglima TNI mulai diperbincangkan menjelang pergantian kekuasaan di Indonesia. Mengacu jadwal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) habis masa jabatannya pada 20 Oktober 2024 dan digantikan oleh Presiden Terpilih, Prabowo Subianto.

Saat ini, jabatan Panglima TNI diemban Jenderal Agus Subiyanto. Secara usia, sebenarnya Agus masih bisa terus menjabat sebagai Panglima TNI selama beberapa tahun lagi sampai pensiun. Namun, apabila nantinya terjadi pergantian, sudah ada deretan kandidat penggantinya dari TNI AD, TNI AL, hingga TNI AU.



Pati Bintang 4 Berpeluang Masuk Bursa Panglima TNI

1. Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Pati Bintang 4 Berpeluang Masuk Bursa Panglima TNI, Nomor 1 Menantu Luhut Pandjaitan

FOTO/DOK.TNI AD

Melihat beberapa nama Panglima TNI terakhir yang berasal dari Angkatan Darat, mereka lebih dulu menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Maka dari itu, Maruli yang saat ini aktif menjabat KSAD juga memiliki peluang yang sama.

Maruli adalah lulusan Akmil 1992 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Menantu Luhut Pandjaitan ini mendapat jabatan KSAD setelah menggantikan posisi Agus Subiyanto pada November 2023 lalu.

Sebelumnya, Maruli juga sudah banyak menyemat jabatan penting lain. Sebut saja seperti Komandan Paspampres (2018-2020), Pangdam IX/Udayana (2020-2022) hingga Pangkostrad (2022-2023).

2. Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono

Pati Bintang 4 Berpeluang Masuk Bursa Panglima TNI, Nomor 1 Menantu Luhut Pandjaitan

FOTO/SETPRES

Tonny Harjono juga berpeluang menjadi Panglima TNI. Lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1993 itu menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) sejak April 2024 lalu.

Pati TNI kelahiran Jakarta, 4 Oktober 1971 itu memiliki karier yang cukup cemerlang. Tonny mengawali karier sebagai Pa Pnb Skadud 3 Lanud Iswahyudi pada 1993.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)