5 Komjen Polisi Senior Berpeluang Masuk Bursa Kapolri, Nomor 2 Lulusan Non Akpol

Kamis, 22 Agustus 2024 - 06:56 WIB
loading...
5 Komjen Polisi Senior...
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komjen polisi merupakan salah satu pangkat yang masuk jajaran perwira tinggi (Pati) Polri. Setara bintang tiga, pemegang pangkat ini punya kesempatan menembus bintang 4 (jenderal) apabila ditunjuk menjadi Kapolri .

Bursa calon Kapolri mulai diperbincangkan menjelang pergantian kekuasaan di Indonesia. Mengacu jadwalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan habis masa jabatannya pada 20 Oktober 2024 dan digantikan oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Saat ini, jabatan Kapolri diduduki Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Meski sudah cukup lama memimpin Polri, secara usia Listyo Sigit masih bisa terus menjabat sebagai Kapolri selama beberapa tahun lagi sampai pensiun.



Namun, apabila nantinya terjadi pergantian, sudah ada sekitar 17 Pati Polri berpangkat Komjen Polisi (bintang 3) yang berpeluang menggantinya. Berikut ini lima di antaranya jika dirinci dalam ketentuan paling senior:

Komjen Polisi Senior Berpeluang Jadi Kapolri Baru

1. Komjen Pol Purwadi Arianto

5 Komjen Polisi Senior Berpeluang Masuk Bursa Kapolri, Nomor 2 Lulusan Non Akpol

FOTO/WIKIPEDIA

Komjen Pol Purwadi Arianto merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) Polri. Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

Purwadi lahir di Jakarta, 2 Oktober 1966. Maka dari itu, lulusan Akpol 1988 ini telah menginjak 57 tahun.

Melihat ke belakang, Purwadi juga sudah banyak menduduki jabatan penting lain. Di antaranya seperti Dirtipidter Bareskrim Polri (2016), Wakapolda Metro Jaya (2017), Kapolda Lampung (2018) hingga Sestama Lemhannas RI (2021).

2. Komjen Pol Ahmad Luthfi

5 Komjen Polisi Senior Berpeluang Masuk Bursa Kapolri, Nomor 2 Lulusan Non Akpol

FOTO/WIKIPEDIA

Komjen Pol Ahmad Luthfi baru saja mendapat promosi menjadi bintang 3 (Komjen Polisi) beberapa waktu lalu. Hal ini sejalan dengan posisi barunya sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Irjen Kemendag).

Luthfi lahir di Surabaya, 22 November 1966. Saat ini, usianya sudah menyentuh angka 57 tahun
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)