Ridwan Kamil Didaulat Jadi Juri Sayembara Desain Ibu Kota Baru

Kamis, 03 Oktober 2019 - 19:39 WIB
Ridwan Kamil Didaulat Jadi Juri Sayembara Desain Ibu Kota Baru
Ridwan Kamil Didaulat Jadi Juri Sayembara Desain Ibu Kota Baru
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didaulat menjadi juri sayembara desain Ibu Kota baru yang digelar pemerintah pusat. Pria yang akrab disapa Emil itu menjadi salah satu dari sembilan juri yang ditunjuk pemerintah pusat untuk menggawangi sayembara tersebut.

Namun, Emil sendiri mengaku tak tahu menahu alasan pemerintah pusat menunjuk dirinya sebagai juri. Meski begitu, Emil menyatakan siap membantu pemerintah pusat mencari desain terbaik Ibu Kota baru.

"Enggak tahu, ditelepon saja, ya siap. Penugasan ini melalui PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Jurinya katanya ada sembilan orang, tapi enggak tahu (siapa saja). Kalau yang gubernur baru saya, mungkin karena profesi," ungkap Emil di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (3/10/2019).

Disinggung desain Ibu Kota baru yang ideal, Emil memaparkan bahwa rancangan Ibu Kota baru tersebut harus mengacu pada konsep Ibu Kota terbaik di dunia.

Salah satu yang paling penting, kata Emil, Ibu Kota baru harus berkonsep humanis. Selain itu, pola pembangunan juga mesti terukur agar kondisi perkotaan tak terlalu padat dan sesak.

"Ibu Kota ini harus humanis. Jaraknya dekat, orang jalan kaki, mengurangi mobil motor, bangunan harus go green, ramah lingkungan, tidak seperti perkotaan sekarang. Kemudian, kepadatan harus cukup tidak padat bikin sesak dan tidak jauh hanya menguras transportasi," paparnya.

Emil juga menyebut estetika sebagai poin penting dari desain, agar Ibu Kota baru menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

"Seperti dulu Bung Karno membangun Monas (Monumen Nasional) dan lain-lain. Ini diatur sedemikian rupa, sehingga ada kebangaan. Dan nilai ini ingin saya jaga karena presiden juga meminta langsung kepada saya," katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5126 seconds (0.1#10.140)