Denny JA Sebut Memindahkan Ibu Kota Perlu Pemimpin yang Berani

Kamis, 28 September 2023 - 23:09 WIB
loading...
Denny JA Sebut Memindahkan Ibu Kota Perlu Pemimpin yang Berani
Saat ini publik melihat kegigihan Presiden Jokowi memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Foto/IKN/Dok PUPR
A A A
JAKARTA - Dalam setiap zaman, kita menyaksikan keberanian seorang pemimpin mengambil keputusan penting. Walaupun keputusan itu bukanlah hal yang populer di zamannya.

Saat ini, publik melihat kegigihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Ini adalah mimpi yang sudah digagas sejak zaman Bung Karno dalam rangka mentransformasikan Indonesia.

Hal itu diungkapkan Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA, dalam video yang diunggah di akun media sosial resminya, DennyJA_World, Kamis, 28 September 2023.

Video tersebut adalah bagian dari serial Ekspresi Data yang diunggah di Facebook, Instagram, Twitter, Tik Tok, serta Youtube Denny JA. Ini adalah serial video yang durasinya hanya 3 menit dan berbasis data riset LSI Denny JA untuk aneka isu yang strategis.

Denny JA mengatakan, memindahkan ibu kota negara saat ini belum menjadi isu yang populer. Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA, Juni 2023, mereka yang menyatakan setuju ataupun tidak setuju dengan pemindahan ibu kota negara hampir sama banyaknya.

Mereka yang menyatakan setuju dengan pemindahan ibu kota negara sebanyak 47,3 persen. Sementara, mereka yang tidak setuju sebanyak 43,7 persen.

“Selisihnya kurang dari 4 persen saja,” ujar Denny JA.

Menurut Denny, mereka yang menyatakan dengan pemindahan ibu kota negara memiliki banyak alasannya. Alasan paling tinggi karena ini mengurangi beban Ibu Kota Jakarta yang sudah padat penduduknya. Selain itu, juga untuk mendorong pembangunan di luar Pulau Jawa.

Namun, bagi yang tak setuju mengatakan Jakarta masih layak sebagai ibu kota. Alasan lainnya mereka tak setuju adalah pemborosan anggaran negara.

“Menarik juga kita melihat setuju atau tak setuju dari basis teritori responden. Yang tinggal di Jawa dan Sumatera lebih banyak yang tak setuju. Sementara yang tinggal di luar Jawa lebih banyak yang mengatakan mereka setuju pindah ibu kota,” terang Denny JA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)