Brevet Koleksi Mayjen Bangun Nawoko, Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad Jebolan Akmil 1992

Kamis, 29 Agustus 2024 - 07:13 WIB
loading...
A A A
Sementara Cakra merupakan lambang senjata yang menentukan di mana tujuh gigi yang berupa obor, tujuh pedoman TNI yang meliputi beriman, dicintai rakyat dan mematikan.

Selanjutnya Api, semangat prajurit Kostrad dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya menjaga kedaulatan NKRI selalu berkobar dan tidak pernah padam. Sedangkan tulisan Cakra, menggambarkan satuan Kostrad.

Brevet tersebut merepresentasikan bahwa mereka termasuk ke dalam keluarga besar Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

3. Brevet Para Dasar


Brevet Para Dasar adalah lencana yang diberikan kepada prajurit TNI AD yang telah lulus kursus terjun payung militer. Brevet ini merupakan simbol keahlian dan prestasi khusus di bidang tertentu dan menandakan kompetensi teknis dan profesional prajurit.

Brevet juga menjadi lambang kebanggaan bagi prajurit yang berhasil meraihnya. Pendidikan Dasar Para TNI AD (Diksar Para) berlangsung selama empat minggu dan ditempuh dalam dua tahap: ground training dan penerjunan. Latihan-latihan yang dilakukan dalam Diksar Para meliputi terjun tanpa perlengkapan, terjun dengan perlengkapan tempur, hingga terjun malam dan di hutan gunung.

4. Brevet Kualifikasi Intai Tempur (Taipur)


Brevet Intai Tempur Kostrad merupakan lencana kehormatan yang disematkan kepada prajurit TNI AD yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan tempur intai di Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Setelah lolos seleksi awal, prajurit mengikuti pendidikan dasar intai tempur yang mencakup navigasi darat, teknik pengintaian, penjejakan, survival, dan komunikasi medan. Pelatihan ini membekali prajurit dengan keterampilan dasar untuk operasi intai tempur.

Selanjutnya prajurit menjalani latihan khusus seperti infiltrasi, penyergapan, sabotase, dan teknik tempur jarak dekat di berbagai medan, seperti hutan, pegunungan, dan rawa, untuk menguji ketahanan fisik dan mental mereka dalam kondisi ekstrem.

5. Pin Alumni Sesko TNI


Pin ini diberikan kepada Prajurit TNI yang telah mengikuti pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia atau (Sesko TNI). Sebagai lembaga pendidikan tertinggi karier TNI, Sesko TNI mempunyai visi membentuk perwira TNI yang handal, profesional dan proporsional. Sesko TNI juga bertugas melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin maupun pendidikan dan latihan TNI.


6. Pin Alumni Seskoad


Pin ini diberikan kepada Prajurit TNI AD maupun prajurit lain baik dari dalam atau luar negeri yang telah mengikuti pendidikan di Sekolah Angkatan Darat (Seskoad).
(kri)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)