Antisipasi Wabah Mpox, Jokowi Minta Pengawasan Pintu Masuk Internasional Diperketat

Selasa, 27 Agustus 2024 - 16:51 WIB
loading...
Antisipasi Wabah Mpox,...
Presiden Jokowi meminta kabinetnya memperketat pengawasan pintu masuk kedatangan internasional khususnya di Bali untuk mengantisipasi wabah mpox. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meminta kabinetnya memperketat pengawasan pintu masuk kedatangan internasional khususnya di Bali. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran wabah mpox.

Apalagi pada 1 hingga 3 September 2024 nanti akan diselenggarakan Indonesia Africa Forum (IAF) di Bali. Acara tersebut akan dihadiri oleh sejumlah delegasi dari Afrika.

"Tidak hanya di Bali, pengawasan di pintu-pintu masuk kedatangan internasional juga segera dilakukan dari Kementerian Kesehatan dan mungkin dari kementerian lembaga yang lainnya," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/8/2024).



Jokowi menekankan, perlu adanya langkah-langkah pencegahan agar wabah mpox tidak menyebar secara masif di Indonesia. Dirinya meminta para kabinetnya untuk berkaca pada pengalaman penanganan pandemi Covid.

"Karena pengalaman pandemi Covid yang lalu bisa kita lakukan. Sehingga saya minta segera potokol kesehatan dan disosialisasikan secara masif mengenai ini," kata Jokowi.



Jokowi juga meminta kepada para menteri kabinet dan kepala lembaga untuk dapat melakukan upaya preventif bagi delegasi dari Afrika ketika menghadiri acara Indonesia Africa Forum (IAF) 2024 di Bali awal September nanti.

Hal tersebut terkait dengan menyebarnya virus mpox atau sebelumnya dikenal sebagai cacar monyet dari Afrika. Saat ini, mpox tidak hanya ditularkan oleh monyet tapi bisa oleh berbagai hewan lainnya. "Saya minta betul-betul ada upaya preventif khususnya bagi para delegasi yang berasal dari Afrika," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan mpox telah ditetapkan sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (Public Health Emergency of International Concern) oleh WHO.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)