Jokowi Resmikan Bendungan Margatiga Lampung Timur Senilai Rp846 Miliar

Senin, 26 Agustus 2024 - 10:00 WIB
loading...
Jokowi Resmikan Bendungan...
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Margatiga, Lampung Timur. Foto/SINDOnews/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Margatiga, Lampung Timur. Pembangunan bendungan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp846 miliar.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung," kata Jokowi dalam sambutannya yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/8/2024).

Jokowi mengatakan, Bendungan Margatiga dibangun sejak 2017. Dirinya bersyukur bendungan tersebut dapat selesai dan difungsikan pada tahun ini. "Bendungan yang menghabiskan anggaran Rp846 miliar ini memiliki luas genangan 2.313 hektare. Yang memiliki daya tampung 42 juta meter kubik air. Ini sangat besar sekali," ungkapnya.



Jokowi berharap bendungan yang ke-44 dirinya resmikan dalam 10 tahun terakhir itu betul-betul bisa berfungsi baik untuk irigasi, air baku, listrik dan juga mereduksi banjir di sekitar bendungan. "Kita harapkan produktivitas petani yang terkait dengan Bendungan Margatiga ini betul-betul bisa naik dengan signifikan," jelasnya.



Jokowi menambahkan, air ke depan akan menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat di Indonesia. Oleh sebab itu, manajemen pengelolaan air di mana pun di semua provinsi sekarang ini akan jadi fokus pemerintah.

"Yang pertama untuk air baku kehidupan kita, kedua juga untuk irigasi bagi sawah-sawah yang kita miliki. Ketiga juga untuk mereduksi banjir kalau memang di daerah itu masih ada banjir," kata Jokowi.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)