Kemkominfo : Perlunya Sinergi Pusat dan Daerah Menangani Stunting

Rabu, 25 September 2019 - 10:57 WIB
Kemkominfo : Perlunya Sinergi Pusat dan Daerah Menangani Stunting
Kemkominfo : Perlunya Sinergi Pusat dan Daerah Menangani Stunting
A A A
TANGERANG SELATAN - Stunting bukan hanya permasalahan yang harus ditangani oleh pemerintah pusat semata, tapi juga perlu perhatian dari pemerintah daerah. Hal ini dikarenakan pemerintah daerah yang paling mengetahui kondisi masyarakat dan bisa menjangkau langsung daerah lokasi prioritas stunting.

Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersinergi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dari 7 kabupaten dan provinsi Sumatera tempat lokus stunting untuk berkoordinasi menurunkan angka prevalensi stunting.

"Kominfo memiliki tugas sebagai koordinator nasional kampanye penurunan prevalensi stunting, dan kami tidak bisa melakukan hal ini sendirian. Kami butuh juga bantuan dari Diskominfo untuk berkolaborasi," ujar Kasubdit Informasi dan Komunikasi Kesehatan, Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Marroli J. Indarto, dalam rapat koordinasi sosialisasi stunting 2019 di Tangerang Selatan, Jumat (20/9/2019).

Menurut Marroli, kolaborasi antara pusat dan dan daerah perlu dilakukan agar hasil kampanye penurunan prevalensi stunting berjalan dengan maksimal. Dalam rapat koordinasi tersebut, Kemkominfo mengajak Diskominfo untuk ikut serta dalam penyelenggaraan forum sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest).

"Forum Genbest ini adalah awal, momentum agar masyarakat khususnya remaja putri dan para ibu muda untuk sadar stunting dan pemerintah daerah pun menjadi tahu betapa besar permasalahan stunting sehingga akhirnya juga turut ikut serta mencegah stunting," tambah Marroli.

Forum Genbest di tahun 2019 ini sudah diadakan di 23 kabupaten/kota prioritas pengananan stunting di Jawa, Nusa Tenggara, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Marroli pun mengungkapkan sepanjang kegiatan Genbest di berbagai daerah tersebut terlihat antusiasme para bupati untuk turut serta dalam usaha menurunkan angka stunting.

"Di beberapa daerah yang sudah didatangi oleh forum Genbest, saat selesai acara bupatinya langsung mengumpulkan kepala dinas dan membuat komitmen dalam penurunan stunting. Ada pula daerah yang memang sebelumnya sudah punya rencana kegiatan meminta konten publikasi kampanye penurunan stunting pada kami agar bisa mereka publikasikan kembali. Jadi terlihat bagaimana antusiasnya pemda dalam membantu menurunkan angka stunting di daerahnya," ujar Marroli.

Sumatera menjadi pulau terakhir yang akan didatangi oleh Kemkominfo dengan Forum Genbest di tahun ini dengan menyasar 7 kabupaten prioritas yakni kabupaten Kampar (Riau), Solok (Sumatera Barat), Tanjung Jabur Timur (Jambi), Muara Enim (Sumatera Selatan), Tanggamus (Lampung), Bangka (Bangka Belitung), ,dan Bengkulu Utara (Bengkulu) sepanjang bulan Oktober-November 2019.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8419 seconds (0.1#10.140)