16 Komjen Pol Berpeluang Masuk Bursa Kapolri, Dua Orang Peraih Adhi Makayasa

Selasa, 16 Juli 2024 - 11:04 WIB
loading...
16 Komjen Pol Berpeluang...
Sebanyak 16 Perwira Tinggi Polri saat ini berpangkat Komjen Polisi. FOTO ILUSTRASI/DOK.HUMAS POLRI
A A A
JAKARTA - Bursa calon Kapolri mulai diperbincangkan menjelang pergantian kepemimpinan nasional. Sesuai jadwal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menuntaskan masa jabatannya pada 20 Oktober 2024 dan digantikan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Kapolri merupakan pimpinan tertinggi di institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Pemangku jabatan ini adalah perwira berpangkat Jenderal Polisi yang disimbolkan empat bintang di pundak seragamnya.

Saat ini Kapolri dijabat oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada 27 Januari 2021. Usianya waktu itu cukup muda, 52 tahun.



Meski sudah cukup lama memimpin Polri tapi secara usia, Jenderal Listyo Sigit Prabowo masih bisa terus menjabat sebagai Kapolri hingga pensiun. Pasal 30 ayat (2) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia menyatakan, 'Usia pensiun maksimum anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia 58 (lima puluh delapan) tahun dan bagi anggota yang memiliki keahlian khusus dan sangat dibutuhkan dalam tugas kepolisian dapat dipertahankan sampai dengan 60 (enam puluh) tahun.

Berdasarkan aturan tersebut, Jenderal Listyo Sigit masih bisa dipertahankan sebagai Kapolri hingga 3 tahun ke depan. Namun jika tidak, maka saat ini ada 16 Pati Polri berpangkat Komjen Pol yang berpeluang menggantinya. Siapa saja mereka?

Pati Polri Berpangkat Komjen Polisi Aktif Saat Ini:

1. Komjen Pol Agus Andrianto

Jabatan: Wakapolri
Lulusan: Akpol 1989
Usia: 57 tahun

Komjen Pol Agus Andrianto merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) Polri. Saat ini, ia aktif menjabat sebagai Wakapolri. Jabatan Wakapolri resmi disandang Agus pada 3 Juli 2023.

Waktu itu, ia dilantik langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta. Pada posisi barunya itu, Agus menggantikan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang memasuki masa pensiun. Sebelumnya, ia lebih dulu menjabat sebagai Kabareskrim Polri sejak 2021.

2. Komjen Pol Ahmad Dofiri

Jabatan: Irwasum Polri
Lulusan: Akpol 1989
Usia: 57 tahun

Komjen Pol Ahmad Dofiri dilantik menjadi Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri pada 28 Februari 2023. Waktu itu, ia menggantikan Agung Budi Maryoto.

Pada catatan kariernya, sejumlah posisi lain juga sempat diduduki Ahmad Dofiri. Di antaranya seperti Kapolda Banten (2016), Karosunluhkum Divkum Polri (2016), Kapolda DIY (2016), Asisten Logistik Kapolri (2019), Kapolda Jawa Barat (2020), hingga Kabaintelkam Polri (2021).

3. Komjen Pol Mohammad Fadil Imran

Jabatan: Kabaharkam Polri
Lulusan: Akpol 1991
Usia: 55 tahun
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)