alexametrics

Atasi Karhutla, Pemerintah Tambah Pesawat untuk Hujan Buatan

loading...
Atasi Karhutla, Pemerintah Tambah Pesawat untuk Hujan Buatan
Mulai kemarin datang 2 Pesawat tambahan untuk perkuatan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca hujan buatan di Pekanbaru yaitu Cassa 212-200 dan Hercules C-130. (Foto/Istimewa)
A+ A-
JAKARTA - Mulai Senin kemarin datang 2 Pesawat tambahan untuk perkuatan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca atau hujan buatan di Pekanbaru yaitu Cassa 212-200 kapasitas 1 ton dan Hercules C-130 kapasitas 4 ton.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), Agus Wibowo. Sehingga saat ini tersedia 4 pesawat yaitu Cassa 212-200 dari BPPT dan 3 pesawat bantuan TNI.

"Seluruh pesawat akan beroperasi di 6 provinsi yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan," kata Agus Wibowo, Selasa (17/9/2019).



Agus menjelaskan, pergerakan pesawat sesuai dengan keberadaan awan potensi hujan hasil analisis BMKG. "Pesawat CN 295 pagi tadi jam 06.00 WIB diberangkatkan ke Palangkaraya Kalimantan Tengah karena menurut laporan BMKG sudah terdapat potensi awan hujan," jelasnya.

"Pesawat akan melakukan operasi penyemaian awan hujan di wilayah Kalimantan agar bisa menjadi hujan untuk membantu pemadaman karhutla di Kalimantan," pungkasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak