Daftar 5 Menteri Golkar di Kabinet Jokowi, Nomor 2 Pernah Duduki Tiga Jabatan Menteri

Rabu, 21 Agustus 2024 - 15:19 WIB
loading...
Daftar 5 Menteri Golkar...
Bahlil Lahadalia, Supratman Andi Agtas, Rosan Roeslani, dan Angga Raka Prabowo dilantik menjadi menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Senin (19/8/2024). FOTO/BIRO PERS SETPRES
A A A
JAKARTA - Terdapat lima menteri dari Partai Golkar yang saat ini duduk di Kabinet Indonesia Maju . Salah satu dari mereka ada yang menduduki tiga jabatan menteri di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kabinet Indonesia Maju yang dibentuk oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, terdapat 4 menteri koordinator dan 30 menteri bidang. Sejak awal pembentukan, Jokowi telah beberapa kali melakukan reshuffle kabinet untuk mengganti beberapa nama menteri.

Bahkan menjelang lengser, Presiden Jokowi kembali melakukan reshuffle pada 19 Agustus 2024. Kebanyakan menteri yang berada dalam Kabinet Indonesia Maju ini adalah golongan independen atau non-partai.



Sedangkan pejabat partai yang menduduki posisi menteri tergolong ke dalam partai besar seperti PDIP, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, PKB, PAN, Partai NasDem, hingga PPP.

5 Menteri dari Golkar yang Duduk di Kabinet Jokowi

1. Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto yang baru saja mengundurkan diri dari posisi Ketua Umum Partai Golkar menjabat sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian sejak 2019. Posisinya sebagai Ketum Golkar telah diemban sejak tahun 2017 silam.

Airlangga pertama kali menduduki jabatan menteri pada 27 Juli 2016. Waktu itu, ia dipercaya menjabat sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin.

Dalam riwayat politiknya, pria asal Surabaya ini juga pernah menjabat sebagai Ketua Komisi VII DPR periode 2006-2009 membidangi energi, lingkungan hidup, dan ristek.

2. Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan saat ini menjabat sebagai Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi. Sejak Presiden Jokowi menjabat, Luhut langsung dipercaya menjadi Kepala Staf Presiden pada akhir 2014. Setelah itu, dirinya diangkat menjadi Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di 2015. Kader Golkar ini kemudian ditunjuk untuk menjadi Pelaksana tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di 2016.

Luhut menjadi sosok yang duduki tiga jabatan menteri di era Jokowi. Tingginya peran Luhut di pemerintahan saat ini membuatnya santer diisukan menjadi Ketum Golkar selanjutnya.


3. Bahlil Lahadalia

Selanjutnya ada Bahlil Lahadalia yang baru saja dilantik Jokowi menjadi Menteri ESDM pada 19 Agustus 2024. Sebelumnya, dia sempat menduduki posisi Menteri Investasi sejak 2021.

Bahlil juga jadi salah satu nama yang mencuat karier politiknya di era Jokowi. Sebelumnya, dia adalah Direktur Direktorat Penggalang Pemilih Muda tim kampanye presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Berkarya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)