alexametrics

Pemulangan Seluruh Kloter Selesai, 452 Jamaah Haji Wafat di Tanah Suci

loading...
Pemulangan Seluruh Kloter Selesai, 452 Jamaah Haji Wafat di Tanah Suci
Kepala Daker Bandara Jeddah-Madinah, PPIH 2019, Arsyad Hidayat.Foto/MCH
A+ A-
JEDDAH - Masa layanan operasional haji telah selesai seiring pemulangan seluruh kelompok terbang (kloter) jamaah haji ke Tanah Air, Minggu (15/9/2019). Selama masa itu tercatat sebanyak 452 jamaah haji wafat di Arab Saudi.
Mereka dimakamkan di tiga kota, yakni Mekkah, Jeddah, dan Madinah.Data ini diperoleh dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama per Minggu (15/9/2019) pukul 17.30 Waktu Arab Saudi (WAS). Jumlah jamaah wafat musim haji 2019 jauh lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 385 orang.

Selain jamaah wafat, hingga saat ini juga masih terdapat sebanyak 74 jamaah haji sakit. Sebanyak delapan orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah dan 66 orang di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Madinah, Mekkah dan Jeddah.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, Arsyad Hidayat mengatakan, meski layanan operasional haji telah berakhir, jamaah sakit tidak ditinggalkan begitu saja. Nama-nama jamaah haji yang dirawat akan dilaporkan kepada Ketua PPIH Arab Saudi yang sekaligus Konsul Haji KJRI Jeddah.



Tim KJRI yang akan melakukan visitasi dan memonitor kondisi jamaah haji yang sakit dari waktu ke waktu."Ketika kondisinya sudah membaik, sesegera mungkin jamaah tersebut dikembalikan ke Tanah Air," kata Arsyad, Minggu (15/9/2019).

Kepala Daker Madinah, Akhmad Jauhari menambahkan, proses pemulangan jamaah haji ke Tanah Air menunggu kondisinya benar-benar layak terbang. Bagi yang kondisinya bisa duduk, maka akan didampingi oleh seorang petugas ketika di pesawat.

"Namun jika kondisinya berbaring, maka akan didampingi oleh dua petugas karena selama perjalanan membutuhkan oksigen dan alat-alat medis lainnya," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak