Keberlanjutan Beasiswa Indonesia Maju

Senin, 19 Agustus 2024 - 13:54 WIB
loading...
Keberlanjutan Beasiswa...
Hendarman - Analis Kebijakan Ahli Utama pada Kemendikbudristek/ Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan. Foto/Dok Pribadi
A A A
Hendarman
Analis Kebijakan Ahli Utama pada Kemendikbudristek/Dosen Pascasarjana Universitas Pakuan

Daya saing talenta Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara lain. Capaian Global Talent Competitiveness Index (GTCI) tahun 2022 sebesar 37,0 dimana Indonesia berada pada peringkat 86 dari 133 negara. Hasil ini turun dari capaian tahun 2021 sebesar 42,09 dengan posisi peringkat 80, serta capaian tahun 2020 dengan 41,81 di peringkat 65.

Dalam konteks persaingan talenta global, turunnya peringkat GTCI menggambarkan bahwa Indonesia kalah bersaing dalam konteks peningkatan talentanya. Dari empat pilar manajemen talenta yaitu enable, attract, grow, dan retain, Indonesia memiliki keunggulan dalam hal penciptaan lingkungan yang kondusif untuk pengembangan talenta (pilar enable). Indonesia mengungguli negara berpendapatan menengah-rendah seperti Vietnam, India, dan Filipina.

Tantangan terbesar yang dihadapi Indonesia adalah meningkatkan talenta profesional berkualifikasi tinggi, baik yang berasal dari proses pembinaan dalam negeri maupun hasil rekrutmen dari luar negeri. Untuk itu, pengelolaan ajang talenta yang dilakukan secara berjenjang dan bertingkat serta secara berkesinambungan menjadi penting agar dapat menghasilkan talenta Indonesia yang dapat mengejar ketertinggalan daya saing talenta Indonesia.

Salah satu inisatif yang sudah dilakukan Pemerintah melalui Kementerian yang mengurus pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi adalah memfasilitasi para talenta melalui pemberian Beasiswa Indonesia Maju (BIM). BIM ini ditujukan untuk memfasilitasi karier belajar kepada talenta berprestasi dalam rangka menciptakan pemimpin di bidangnya untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Tampaknya masih belum banyak yang mengetahui inisiatif pemberian beasiswa tersebut, Juga mungkin muncul pertanyaan sejuahmana seleksi yang dilakukan memiliki keberpihakan kepada mereka yang memang terbukti memiliki talenta.

Skema BIM

Visi Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yaitu menciptakan talenta-talenta kelas dunia untuk membangun sektor prioritas negara di tahun 2045. Misi pertama yaitu menghasilkan talenta Indonesia untuk memegang peran strategis di institusi global yang relevan untuk sektor prioritas Indonesia. Kedua, mencetak pemimpin yang dapat membawa institusi sektor prioritas Indonesia unggul di tingkat dunia

Program ini diperuntukkan bagi peserta didik yang masih menduduki bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) pada kelas XI yaitu setahun sebelum menyelesaikan SMA. Program ini memungkinkan para talenta mengikuti program S1 baik di dalam maupun di luar negeri.

Sebelum diberangkatkan, para calon penerima beasiswa mengikuti proses persiapan. Dalam proses ini Kementerian melalui Pusat Prestasi Nasional melakukan identifikasi dan seleksi peserta didik kelas XI dengan prestasi tingkat nasional dan/atau internasional di bidang STEM, seni, olahraga, dan kewirausahaan.

Prestasi peserta didik dapat berasal dari beberapa kategori ajang yang diikuti calon penerima. Bagaimanapun harus diakui bahwa Pemerintah tidak akan mungkin mewadahi berbagai ajang dengan berbagai derajat kebaruan akibat keterbatasan anggaran yang ada. Terdapat tiga ajang yang dimungkinkan untuk dipertimbangkan sebagai dasar penentuan calon penerima BIM. Ketiga ajang tersebut adalah yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), yang diselenggarakan di luar Puspresnas, serta non-ajang seperti pemecehan rekor MURi atau perintis startup.

Bagi ajang yang diselenggarakan oleh non-Puspresnas, dipersyaratkan untuk melalui proses kurasi. Proses ini merupakan mekanisme pengakuan atau rekognisi terhadap sebuah ajang. Proses kurasi sekaligus menunjukkan keadilan terhadap inisiatif masyarakat luas. Hasil kurasi mengindikasikan standar kualitas penyelenggara dan standar prestasi peserta didik. Hasil kurasi sekaligus dapat menghindari persepsi bagi publik umumnya, bahwa ajang-ajang yang diselenggarakan di luar kementerian, cenderung bertujuan keuntungan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)