Pimpin Upacara HUT ke-79 RI di Entikong, Wamendagri Minta PLBN Tingkatkan Pelayanan

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 17:41 WIB
loading...
A A A
Kehadiran PLBN tersebut tak hanya mengubah penampilan fisik kawasan perbatasan lebih baik, tapi juga menaikkan spirit kebangsaan, kebanggaan, dan harga diri bangsa Indonesia dalam berhadapan dengan negara tetangga.

"Pada periode lima tahun mendatang, yaitu tahun 2025-2029, PLBN harus mampu mengubah dirinya, khususnya dalam kualitas sistem dan tata kelola pelayanan," tegasnya.

Selain itu, Wempi menegaskan, beberapa catatan penting yang perlu menjadi perhatian bersama. Pertama, terkait aspek ekonomi kawasan, yakni perlunya memperkuat rantai pasok logistik dalam negeri sampai kawasan perbatasan, serta meningkatkan nilai tambah hasil produk termasuk kerajinan masyarakat perbatasan.

Kedua, terkait pengelolaan PLBN dengan meningkatkan tata kelola pengawasan dan pelayanan di semua PLBN, dan melakukan penilaian risiko. Ketiga, perlunya meningkatkan kapasitas lembaga dan personel di bidang keimigrasian, kepabeanan, dan kekarantinaan. Keempat, seluruh lapisan masyarakat di wilayah perbatasan diimbau tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

"Semua warga negara Indonesia di perbatasan harus mampu tampil sebagai simbol nasionalitas kita di kawasan perbatasan," tambahnya.

Tidak hanya itu, menurut Wempi, pengelolaan perbatasan negara merupakan urusan pemerintahan yang bersifat multifungsional dan kompleks. Karena itu, dalam pembangunan kawasan perbatasan, peran para pihak secara kolaboratif dan pentahelix menjadi sangat penting.

"Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama memperkuat komitmen dalam mewujudkan kesejahteraan Indonesia yang merata di seluruh pelosok Tanah Air sebagaimana cita-cita para founding fathers," pungkasnya.
(cip)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)