Makna Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di IKN: Bangun Optimisme Masa Depan Bangsa

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 17:17 WIB
loading...
Makna Detik-detik Proklamasi...
IKN menjadi saksi peringatan ke-79 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Foto/SINDOnews/Riyan Rizki
A A A
JAKARTA - Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi saksi peringatan ke-79 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara ini bukan sekadar seremonial, tetapi menjadi momentum bersejarah untuk membangkitkan optimisme tentang masa depan bangsa.

Pandangan ini disampaikan oleh Dosen Administrasi Publik Universitas Krisnadwipayana, Imam Rozikin. Menurutnya, dengan konsep kota hijau yang dilengkapi teknologi canggih, IKN dirancang sebagai simbol harapan untuk Indonesia yang lebih merata dan modern.

"IKN merupakan langkah awal menuju visi Indonesia yang lebih maju, adil, dan berkelanjutan," ujar Imam Rozikin, Sabtu (17/8/2024).

Menurut Imam, IKN tidak hanya menjadi lokasi pembangunan fisik, tetapi juga laboratorium hidup bagi teknologi pintar dan ramah lingkungan yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari.

"IKN akan menjadi model kota masa depan yang cerdas serta menjaga keseimbangan alam," ujarnya.

Konsep kota hijau ini adalah langkah strategis yang berorientasi pada masa depan. Dengan 70 persen area hijau, IKN berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan peningkatan kualitas hidup penduduk.

"Implementasi kota hijau di IKN bukan sekadar gagasan konseptual, melainkan representasi komitmen terhadap keberlanjutan yang dapat menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia," jelasnya.

Lebih lanjut, IKN diharapkan menjadi arena inovasi perkotaan yang mengundang kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Melalui pendekatan laboratorium hidup, IKN memungkinkan pengembangan kebijakan perkotaan yang responsif dan relevan dengan kebutuhan masa kini dan masa depan.

Selain teknologi dan keberlanjutan, pembangunan IKN juga menekankan prinsip keadilan. Dengan mengacu pada teori pemerataan, IKN diharapkan mengurangi ketimpangan regional, khususnya antara wilayah barat dan timur Indonesia, serta meningkatkan akses terhadap layanan dasar di Kalimantan dan sekitarnya.

"Pembangunan IKN diharapkan mampu mendistribusikan sumber daya secara lebih adil," kata Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Kebangsaan Lemhannas/IKABNAS ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)