Mengenal 4 Sosok Jenderal TNI AD Diusung PDIP yang Melenggang di Pilkada 2024

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 15:21 WIB
loading...
Mengenal 4 Sosok Jenderal...
Terdapat empat jenderal TNI AD yang diusung PDIP untuk maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ada yang diusung menjadi Cagub, dan ada pula yang jadi Cawagub. Foto/SINDOnews/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Terdapat empat jenderal TNI AD yang diusung PDIP untuk maju dalam Pilkada Serentak 2024 . Ada yang diusung menjadi Calon Gubernur (Cagub), dan ada pula yang jadi Calon Wakil Gubernur (Cawagub).

Menjelang Pilkada Serentak 2024 yang semakin dekat, sejumlah Partai Politik besar di Indonesia mulai menyodorkan nama-nama calonnya. Salah satunya adalah PDIP.

Selain keempat calon dari kalangan Jenderal TNI AD ini, ada satu nama yang santer dibicarakan masuk ke dalam bursa kandidat calon Gubernur yang akan maju di Pilkada 2024. Dia adalah mantan Panglima, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa.



Meski begitu, kabar Andika Perkasa ikut serta dalam Pilkada ini masih belum resmi. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PDIP, Yoseph Aryo Adhi Dharmo meminta semua pihak bersabar hingga diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

4 Sosok Jenderal TNI AD Diusung PDIP


1. Letjen TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau

Jenderal TNI pertama yang diusung PDIP untuk Pilgub 2024 adalah Letjen TNI (Purn) Joppye Onesimus, yang merupakan bakal cagub di Provinsi Papua Barat Daya. Sebelum pensiun dari militer, dirinya sempat menjabat sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) tahun 2020.

Lulusan AKABRI 1986 ini telah beberapa kali menduduki posisi strategis, seperti Pangdam XVIII/Kasuari tahun dan Pati Sahli TK III Bid. Sosbud HAM Panglima TNI tahun 206, serta Kasdam V/Brawijaya pada 2015.

Pria kelahiran 17 Juli 1962 ini juga memiliki segudang pengalaman bertugas di wilayah Papua. Dimana dia pernah menjadi Asops Kasdam XVII/Cenderawasih tahun 2011, dan Irdam XVII/Cenderawasih pada 2013.

2. Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi

Jenderal bintang tiga yang lahir pada 10 Maret 1961 ini didapuk sebagai bakal cagub Provinsi Sumatera Utara oleh PDIP. Purnawirawan satu ini adalah mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)