Terungkap Jokowi Pernah Jengkel soal Pipa hingga Minta BPKP Awasi

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 13:26 WIB
loading...
Terungkap Jokowi Pernah...
Pada dua tahun lalu, Presiden Jokowi pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022, pernah jengkel soal impor pipa. Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Pada dua tahun lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022, Selasa 14 Juni 2022, pernah mengungkapkan kejengkelannya soal impor pipa. Hingga minta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengawasi.

"Lima tahun lalu, saya jengkel betul, sudah perintah kepada BUMN untuk beli pipa. 'Enggak ada spek dalam negeri, Pak. Nomornya ini Pak, ukurannya ini terpaksa kita harus impor'," kenang Jokowi tanpa menyebut BUMN yang dimaksudkan.

Terbersit pertanyaan dalam benak Jokowi, apakah memang sesulit itu proses pembuatan pipa. Sehingga, pabrik-pabrik di dalam negeri tidak bisa memenuhi kebutuhan BUMN.

Faktanya, Jokowi mendapati pabrik pipa di Indonesia sudah mumpuni memenuhi kebutuhan yang dimaksud. Bahkan, pabrik itu mengekspor produk untuk negara-negara lain, seperti AS, Jepang, dan beberapa negara lainnya di Eropa.

"Loh loh loh, yang orang sana beli produk pipa kita, kita malah beli impor. Ini kan sekali lagi kita ini orang-orang pintar, tapi melakukan hal yang sangat bodoh sekali. Maaf," jelasnya.

Jokowi berpesan agar BPKP beserta segenap Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) agar mengawasi afirmasi belanja produk lokal dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Saya minta ini betul-betul berhasil. Sehingga, bisa men-trigger pertumbuhan ekonomi, growth kita menjadi bertambah. Lapangan pekerjaan menjadi semakin banyak karena kita beli produk-produk produksi dalam negeri," tutupnya.

Hal ini mendapat respons dari Asisten Deputi Bidang Industri Maritim dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Firdaus Manti.

"Kalau dilihat tren ekspor impor komoditas OCTG dari 2018 sampai 2023, drill pipe untuk kode HS sekian dan casing tubing jumlah impor ini masih lebih besar," kata Firdaus dalam acara Supply Chain & National Capacity Summit 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2024).

"2023 juga lonjakannya cukup besar importasi dibandingkan dengan ekspornya," tambahnya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)