MNC Peduli-Laz Harfa Bantu Keluarga Nelayan di Pasauran

Rabu, 04 September 2019 - 18:14 WIB
MNC Peduli-Laz Harfa Bantu Keluarga Nelayan di Pasauran
MNC Peduli-Laz Harfa Bantu Keluarga Nelayan di Pasauran
A A A
JAKARTA - MNC Peduli bersama Laz Harfa bekerja sama dalam membantu nelayan yang berada di daerah Serang dengan menyalurkan bantuan berupa perlengkapan melaut.

Selain itu juga memberikan pelatihan mikro ekonomi kepada para keluarga nelayan di TPI Pasauran Kecamatan Cinangka, Serang.

Adapun perlengkapan nelayan berupa 11 perahu motor yang akan digunakan untuk 22 kepala keluarga, 10 unit lampu Badai juga 50 pelampung. Sedangkan, untuk pelatihan mikro ekonomi diberikan dengan tujuan menyadarkan para nelayan dan keluarga terhadap pola pengelolaan keuangan sehari-hari. Selain itu diadakan juga pelatihan terkait pemanfaatan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Direktur Laz Harfa, Indah Prihanande menyampaikan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman baru dalam kehidupan nelayan terutama dalam soal ekonomi. Karena selama ini diketahui bahwa perilaku nelayan, jika hasil tangkapan mereka besar, maka mereka akan habiskan dalam hari itu untuk membeli elektronik misal parabola, televisi, kulkas.

Namun, ketika terjadi gelombang besar dan tidak ada tangkapan banyak mereka akan menjual elektronik yang sudah dibeli dengan harga yang sangat murah dan biasanya akan terjerat hutang, rentenir dan sebagainya.

“Laz Harfa memberikan pengetahuan dasar terkait dengan pengelolaan manajemen literasi keuangan mereka, bagaimana mereka bisa memahami, mereka bisa mengatur penghasilan itu dan tidak lagi menjadi orang-orang yang dhuafa dan tidak berdaya. Proses ini memang agak panjang, tetapi nanti mereka akan berubah. Pelatihan ini banyak dilakukan di daerah lain dan biasanya berubah cukup signifikan karena kami menggunakan metode-metode pemberdayaan yang aplikatif untuk masyarakat.” tutur Indah.

Dalam tempat yang sama, Ketua MNC Peduli Syafril Nasution mengungkapkan bahwa pada hari ini MNC Peduli bersama Laz Harfa memberikan bantuan 11 perahu dan juga 50 pelampung untuk nelayan. Bantuan ini terkait dengan musibah tsunami beberapa waktu yang lalu.

“Di samping bantuan perahu, kita juga berikan bantuan pelatihan ekonomi mikro kepada istri nelayan bagaimana cara menabung, bagaimana cara menambah pendapatan di samping menangkap ikan oleh suaminya. Cukup baik sekali bagus sekali, mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Syafril.

Item salah satu warga yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan mereka jadi tahu dengan cara menabung dan bercocok tanam yang sebelumnya mereka kurang pahami.

“Selain nabung kita dikasih bibit tanam seperti kangkung, cabai. Itu untuk kita agar penghasilan bertambah jadinya kita tidak banyak keluarkan biaya dari kita beli sayur sekarang tinggal bercocok tanam sendiri. Alhamdulillah dengan seperti ini bukan hanya kita andalin suami, dengan bercocok tanam sendiri kita bisa dapat penghasilan dan dapat mengatur keuangannya,” tutur Item.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9987 seconds (0.1#10.140)