Lemhanas Gembleng Ratusan Anggota DPR dan DPD Terpilih

Senin, 26 Agustus 2019 - 13:08 WIB
Lemhanas Gembleng Ratusan Anggota DPR dan DPD Terpilih
Lemhanas Gembleng Ratusan Anggota DPR dan DPD Terpilih
A A A
JAKARTA - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) menggelar orientasi pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih periode 2019-2024 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Senin (26/8/2019). Acara itu dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gubernur Lemhanas Letnan Jenderal TNI Purn Agus Widjojo mengatakan, jumlah peserta orientasi itu sebanyak 711 orang yang terdiri atas 575 anggota DPR dan 134 anggota DPD terpilih.

Dia menjelaskan, orientasi untuk memantapkan anggota DPR dan DPD periode 2019-2024 sebagai wakil rakyat yang memiliki karakter negarawan, transformasional, unggul, dan berwawasan kebangsaan.

“Tujuan kegiatan ini untuk memantapkan anggota DPR dan DPD periode 2019-2024 sebagai wakil rakyat berkarakter,” kata Agus di Hotel Bidakara, Jakarta.

Sedangkan pemantapan bagi para legislator dan senator itu berlandaskan atas empat konsensus dasar bangsa, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan makna dari sesanti Bhineka Tunggal Ika.

Di samping itu, empat materi dasar yang ada dalam orientasi, adalah wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia, ketahanan nasional sebagai geostrategi Indonesia, kewaspadaan nasional, serta kepemimpinan nasional transformatif.

Agus menuturkan, orientasi dan pemantapan berlangsung sekitar 50 hari yang dibagi menjadi lima gelombang, yakni empat gelombang bagi anggota DPR dan satu gelombang bagi anggota DPD. “Tempat kegiatan berlangsung di Lemhannas dan Wisma Kinasih untuk outbond,” katanya.

Dia menjelaskan, metode pembelajarannya terdiri atas metode ceramah, diskusi kelompok, diskusi antar kelompok, simulasi dalam ruangan, penulisan makalah, hingga outbond.

Sementara materi penunjang diantaranya pengantar pemimpin, pengantar program dan komitmen pembelajaran, pengantar nilai-nilai kebangsaan dan sejarah pembelajaran bangsa, revolusi mental dalam rangka membangun karakter bangsa, isu terkini, penulisan makalah perorangan dan kelompok, pengaruh lingkungan strategis, internal personal skill melalui open mind heart.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6026 seconds (0.1#10.140)