Hendarsam: Anies Tak Memerlukan Partai, Biarkan Berlaga dengan Caranya Sendiri

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 17:41 WIB
loading...
Hendarsam: Anies Tak...
Anies Baswedan saat menyapa warga Taman Kota, Kembangan Utara, Jakarta Barat. Foto/X Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Advokat Lingkar Nusantara (Lisan) Hendarsam Marantoko menilai Anies Baswedan seolah tak membutuhkan partai. Dia berpendapat, seharusnya Anies percaya diri maju sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta melalui jalur independen atau perseorangan.

"Anies sebegitu percaya diri dengan popularitasnya, seolah tak membutuhkan partai. Bahkan paradigmanya terbalik, partailah yang butuh Anies. Jika seperti itu, harusnya Anies percaya diri maju dari jalur independen," kata Hendarsam dalam keterangannya, Sabtu (10/8/2024).

Menurutnya, para partai politik (parpol) masih memiliki banyak kader yang memiliki kapabilitas untuk menjadi kepala daerah, kader berkualitas, dan eligible. Sehingga, partai seharusnya tidak butuh Anies hanya untuk menang.





Dia menuturkan, parpol harus berani mengorbitkan kadernya sendiri atau tidak mendukung kader dari partai lain. Hal tersebut, menurut dia, jauh lebih bernilai daripada mengusung individu tanpa identitas dan jangan biarkan ada elite yang merasa lebih besar dari partai politik.



"Anies tidak memerlukan partai, biarkan ia berlaga dengan caranya sendiri. Itu penting untuk menguji kualitas demokrasi kita. Ini saat yang tepat untuk kita kembalikan ideologi dan identitas politik lebih bernilai dari sekadar popularitas," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Indonesia memerlukan parpol yang bisa berperan sebagai pilar demokrasi berkualitas. "Ini saatnya kita kembalikan lagi peran partai politik sebagai pilar demokrasi berkualitas. Tanpa gimik, dan tanpa jebakan popularitas," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)