alexametrics

Malam Penganugerahan KDI 2019

KemenPUPR: Karya Inovatif dan Kreatif Adalah Mesin Penggerak

loading...
KemenPUPR: Karya Inovatif dan Kreatif Adalah Mesin Penggerak
Koran SINDO bersama SINDOnews.com kembali menggelar Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2019 yang dilaksanakan di Padang. Foto/Isra Triansyah/SINDOnews
A+ A-
PADANG - Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (KemenPUPR) berharap KDI 2019 menjadi inspirasi bagi kepala daerah untuk berinovasi menyusun ide menjawab tantangan yang ada. Karya inovatif dan kreatif adalah mesin penggerak kesejahteraan.

Staf khusus KemenPUPR bidang keterpaduan pembangunan Ahmad Gani Ghazali mengatakan, tema KDI 2019 sama seperti tema HUT RI 2019 yaitu SDM Maju Indonesia Unggul.

(Baca juga: Kemendagri Harap KDI 2019 Memotivasi Kepala Daerah)



Menurut Ahmad, dengan mengusung semangat yang sama, demi kemaslahatan bersama, kepala daerah tingkat kota ataupun kabupaten mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada.

"Kita harus lebih cepat dan baik. Cepat dan selamat. Inovasi dan kreatif adalah mesin penggerak," kata Ahmad Gani dalam sambutannya di malam Penganugerahan KDI 2019, di Padang, Sumatera Barat, Kamis (22/8/2019).

Ahmad menjelaskan, di KemenPUPR, inovasi mutlak menjadi target pembangunan infrastruktur. Dalam lima tahun digencarkan, bukan untuk megah-megahan, tapi mengejar ketertinggalan dari negara lain.

(Baca juga: KDI 2019 untuk Membangun Indonesia dari Daerah)

Selain berinovasi dalam tekhnologi, kata Ahmad, pembiayaan dan kerja sama antara pemerintah dengan pihak swasta adalah inovasi pembangunan tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Apresiasi kita berikan kepada MNC group. selain menjadi ajang inovasi, KDI menajdi kesempatan inspirasi, menyusun ide menjawab tantangan," pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Koran SINDO bersama SINDOnews.com kembali menggelar Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2019 yang dilaksanakan di Padang. Bertema "Inovasi Untuk Indonesia Unggul", KDI 2019 berpusat di halaman kantor Pemprov Sumatera Barat.

Seperti KDI sebelumnya, pada KDI 2019 ini ada enam kategori inovasi yang dilakukan para kepala daerah. Di antaranya Investasi dan ekonomi, sosial budaya, pelayanan masyarakat, infrastruktur dan pembangunan, tata kelola pemerintahan, dan lingkungan hidup.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak