5.182 Jamaah Haji Khusus Telah Kembali ke Tanah Air

Selasa, 20 Agustus 2019 - 23:21 WIB
5.182 Jamaah Haji Khusus Telah Kembali ke Tanah Air
5.182 Jamaah Haji Khusus Telah Kembali ke Tanah Air
A A A
JEDDAH - Sebanyak 5.182 jamaah haji khusus hingga saat ini telah kembali ke Indonesia sejak masa pemulangan, Jumat, 16 Agustus 2019 pekan lalu. Mereka berasal dari 126 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus (UHK) Kementerian Agama Arfi Hatim mengatakan, meski tidak diselenggarakan oleh pemerintah, tapi haji khusus tetap dipantau. Ini dilakukan untuk memastikan setiap PIHK memberikan pelayanan yang baik kepada jamaahnya.

"Kami ke sini untuk memantau dan mengawasi kepada setiap PIHK,” kata Arfi di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Selasa (20/8/2019).

Dalam pemantauan itu Arfi didampingi Kepala Bidang Pengendalian PIHK Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Abdul Muhyi. Keduanya berdialog dengan jamaah haji khusus yang hendak pulang ke Tanah Air untuk mengetahui pelayanan dan fasilitas yang telah diterima selama di Tanah Suci.

"Rata-rata menyampaikan secara umum pelayanan yang diberikan sudah baik, berdasarkan perjanjian/kesepakatan. Ada pula beberapa masukan dan saran dari jamaah akan menjadi bahan evaluasi kita," katanya.

Salah satu jamaah haji khusus, Isa Ibnu Sutopo,50, mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan oleh travelnya selama di Tanah Suci. Semuanya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

"Pelayanan yang diberikan sudah baik, kita juga nyaman saat di hotel, arafah dan mina," kata jamaah yang tergabung dalam PIHK Citra Wisata Dunia ini.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5969 seconds (0.1#10.140)