PJB Kerjasama dengan UGM untuk Sukseskan Kampus Merdeka

Selasa, 25 Agustus 2020 - 10:08 WIB
loading...
PJB Kerjasama dengan UGM untuk Sukseskan Kampus Merdeka
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Perusahaan pembangkit listrik PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) menjalin kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam menyukseskan program ‘ Kampus Merdeka ’ yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam program itu, PJB menyiapkan sekitar 71 proyek/studi kasus yang harus diselesaikan oleh mahasiswa magang.

Penandatanganan kerja sama antara PJB dan UGM tersebut dilakukan Selasa (18/8/2020) lalu secara virtual dari dua tempat berbeda. Program Kampus Merdeka oleh PJB ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). (Baca:Zulhas Sebut Gaya Kepemimpinan Amien Rais Ibarat Pesawat)

Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara mengatakan, anak usaha PT PLN (Persero) itu akan terus berkomitmen dalam mendukung program pemerintah. “Eksistensi PJB di industri pembangkit tidak lepas dari peran dan dukungan dari pihak akademisi,” ujar Agung, dalam keterangan tertulisnya.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Prof Dr Paripurna mengapresiasi respons cepat dari PT PJB dalam mengimplementasikan ‘Kampus Merdeka’. Dengan kerja sama tersebut UGM memercayai PT PJB sebagai perusahaan magang di program Kampus Merdeka yang akan aktif dilaksanakan pada September 2020.

Keterlibatan PJB di sektor pendidikan bukan kali ini saja. Sebelumnya PJB memiliki sejumlah program seperti Akademi Komunitas, PJB Class, dan Program Mahasiswa Magang Bersertifikat. (Baca juga: Biar Enggak Resesi, Sri Mulyani Kebut Belanja Pemerintah)

Program ‘Kampus Merdeka’ dibuat dengan tujuan mempercepat inovasi di bidang pendidikan melalui beberapa kegiatan pembelajaran, salah satunya melalui program magang/praktik kerja di industri. Dalam kerja sama dengan UGM, PJB akan terlibat mulai dari penyusunan kurikulum hingga penyelesaian program.

Melalui Kampus Merdeka, mahasiswa tingkat akhir diberikan ‘kemerdekaan’ dan kesempatan untuk mengambil SKS di luar perguruan tinggi atau di luar program studi. Selanjutnya, mahasiswa dapat menjadi bagian dari program magang atau kerja praktik di unit-unit PT PJB. Program magang di unit PJB akan berlangsung selama enam bulan dan kegiatannya akan diekuivalensikan setara dengan 20 SKS. (Lihat videonya: Pelaku Ganjal ATM Babak Belur Dihakimi Massa di Banten)

Dalam program Kampus Merdeka, PJB dibantu 53 mentor dan 87 co-mentor dari bidang operasi, pemeliharaan, hingga aset manajemen. (Yanto Kusdiantono)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2430 seconds (0.1#10.140)