BMKG Laporkan 15 Daerah Tidak Mengalami Hujan Lebih Tiga Bulan

Selasa, 06 Agustus 2024 - 10:26 WIB
loading...
BMKG Laporkan 15 Daerah...
BMKG melaporkan saat ini terdapat 15 daerah yang tersebar di 3 provinsi tidak mengalami hujan lebih dari tiga bulan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan saat ini terdapat 15 daerah yang tersebar di 3 provinsi tidak mengalami hujan lebih dari tiga bulan. Bahkan, Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak mengalami hujan selama 103 hari.

“Saat ini wilayah yang sedang mengalami musim kemarau meliputi sebagian Aceh, sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, sebagian Bengkulu, sebagian Jambi, sebagian sumatera Selatan, sebagian Lampung, sebagian Banten, hingga NTT,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Selasa (6/8/2024).



BMKG pun mengatakan sejumlah wilayah yang masih berada di musim kemarau yakni di sebagian Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Timur, sebagian Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Sulawesi Tenggara, sebagian Maluku, dan sebagian Papua Selatan.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat hemat dan menggunakan air secara bijak. Sehingga dampak kekeringan bisa dihadapi bersama.

“Bagi daerah yang masih masuk musim hujan, periksa lingkungannya supaya bisa menampung dan mengalirkan air hujan dengan baik. Apa pun musimnya, siap siaga dan siap selamat,” imbaunya.

Berikut 15 daerah di 3 provinsi yang mengalami kurang hujan dengan kategori ekstrem:

NTT:

- Kota Kupang (103 hari),

- Sumba Timur (100 hari),
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)