Soal Isu Reshuffle Kabinet, Istana: Itu Hak Prerogatif Presiden

Selasa, 30 Juli 2024 - 17:47 WIB
loading...
Soal Isu Reshuffle Kabinet,...
Istana menanggapi kabar adanya perombakan atau reshuffle kabinet yang bakal dilakukan oleh Presiden Jokowi pada Rabu (31/7/2024) besok. Foto/Sosmed X
A A A
JAKARTA - Istana menanggapi kabar adanya perombakan atau reshuffle kabinet yang bakal dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (31/7/2024).

"Kami belum mendengar hal tersebut," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana dalam keterangannya, Selasa (30/7/2024).

Yusuf mengatakan, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif dari Presiden Jokowi.

"Pergantian Menteri adalah Hak Prerogatif Presiden," ucap Yusuf.



Berdasarkan informasi yang dihimpun adanya isu pergantian pada posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahlil Lahadalia disebut bakal menempati posisi tersebut menggantikan Arifin Tasrif. Dan posisi Bahlil nantinya akan digantikan oleh Rosan Roeslani.

Diberitakan sebelumnya, Istana memastikan bahwa belum ada rencana Presiden Jokowi untuk melakukan perombakan atau reshuffle menteri kabinetnya dalam waktu dekat.

"Tidak betul. Sampai saat ini belum ada rencana/agenda reshuffle kabinet," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya.

Ari juga menegaskan, tidak ada pelantikan menteri baru di Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga saat ini. Isu tersebut muncul, disaat Presiden Jokowi tengah berkantor di IKN selama dua hari ini.

"Tidak ada agenda pelantikan Menteri baru di IKN seperti isu-isu yang beredar," ucap Ari.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)