FBI Bersama KPK-Kejagung Berbagi Teknik Penelusuran Aset Hasil Korupsi

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:49 WIB
loading...
FBI Bersama KPK-Kejagung...
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung (Kejagung), hingga Federal Bureau of Investigation (FBI) badan investigasi utama dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengikuti kegiatan lokakarya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung (Kejagung), hingga Federal Bureau of Investigation (FBI) badan investigasi utama dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengikuti kegiatan lokakarya bertema Penelusuran, Pemulihan, dan Manajemen Aset. Kegiatan itu digelar pada 15-18 Juli 2024 di St. Regis Hotel, Jakarta.

"Topik-topik yang dibahas dalam lokakarya tersebut di antaranya mengenai perspektif perampasan aset dalam UU di Amerika dan UU di Indonesia, teknik penelusuran aset, teknik penelusuran pencucian uang melalui mata uang kripto, tata cara mengelola aset-aset kompleks (virtual), bantuan hubungan timbal balik antara Amerika dan Indonesia dan lain sebagainya," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto yang dikutip Sabtu (20/7/2024).

Tessa menyebutkan, pembicara dalam lokakarya tersebut berasal dari FBI, KPK RI, Kejagung, Kejaksaan Amerika Serikat, Atase Siber IRS-CI (layanan pendapatan internal investigasi kriminal) Sydney, Divisi Penyitaan dan unit internasional dari layanan Marshal Amerika Serikat.

"Lokakarya ini menjadi sangat penting untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran bagi penegak hukum khususnya di kedua negara yaitu Amerika Serikat dan Indonesia," ucapnya.

Dia menuturkan, lokakarya serupa akan terus diselenggarakan untuk membangun kapasitas dan kompetensi penegak hukum serta menjalin hubungan kerja sama yang mendalam di antara penegak hukum.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)