Belum Siapkan Pengganti Ketum MUI, Ma'ruf Amin: Saya Belum Jadi Wapres

Rabu, 03 Juli 2019 - 06:10 WIB
Belum Siapkan Pengganti Ketum MUI, Maruf Amin: Saya Belum Jadi Wapres
Belum Siapkan Pengganti Ketum MUI, Ma'ruf Amin: Saya Belum Jadi Wapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin angkat bicara terkait bursa Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sepeninggal dirinya. Ma'ruf mengatakan saat ini belum ada yang dapat menggantikan posisi Ketua Umum MUI, karena dia belum dilantik menjadi Wakil Presiden RI.

"Aturannya kan itu nanti kalau sudah dilantik, yang dilarang itu merangkap jabatan iya kalau saya udah jadi Wapres. Sekarang kan belum, Wapresnya masih Pak JK," ujar Ma'ruf Amin setelah hadiri rapat pimpinan MUI Pusat, di Gedung MUI, Menteng Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).

Selanjutnya Abah, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa memang benar kandidat kuat untuk menggantikan posisi Ketua Umum MUI datang dari posisi Wakil Ketua Umum. "Ya menurut aturannya itu waketum, cuma waketumnya kan ada dua, jadi siapa yanv harua menggantikan," jelasnya.

Terakhir Abah menerangkan terkait mekanisme pemilihan Ketua Umum MUI nanti, sepeninggal dirinya nanti. "Nanti dicalonkan dalam rapat pleno dan ditetapkan. Karena biasanya otomatis waketum menjadi ketum. Cuma waketumnya dua, jadi harus dibahas," terangnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9306 seconds (0.1#10.140)