Terima Kunjungan PM Papua Nugini, Prabowo Bahas Kerja Sama hingga Pertukaran Perwira Muda

Senin, 15 Juli 2024 - 21:08 WIB
loading...
Terima Kunjungan PM...
Menhan Prabowo Subianto saat menerima kunjungan PM Papua Nugini, James Marape, di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (15/7/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, pihaknya akan mempererat hubungan kerja sama yang antara Indonesia dan Papua Nugini. Hal itu diungkap Prabowo saat menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini, James Marape, di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (15/7/2024).

"Saya sudah menawarkan sejak tahun lalu untuk lembaga pendidikan di TNI terbuka untuk pemuda-pemudi dari PNG, perwira-perwira muda mereka, taruna-taruna mereka, kami undang. Sekarang sudah dari Timor Timur di Akmil Magelang. Juga untuk Universitas Pertahanan kami juga membuka kesempatan untuk mereka. Mereka sangat menghargai," kata Prabowo.

"Pokoknya kita ingin memelihara hubungan yang baik. Mereka juga mempunyai filosofi yang sama dengan kita. Mereka ingin menghormati semua negara, semua kekuatan. Kita punya pandangan hampir sama menghormati semua negara," sambungnya.



Di sisi lain, Prabowo juga turut membahas kerja sama sama pertahanan di perbatasan, dan mengungkapkan bahwa hubungan Indonesia dan Papua Nugini sangat baik.

"Kerja sama kita sangat baik dan kita harus tahu bahwa banyak sekali warga yang di perbatasan itu berada di kedua bagian dari perbatasan. Mereka sangat menghormati kedaulatan kita," katanya.

Di akhir pertemuan, keduanya juga menyempatkan berfoto bersama sembari bertukar cenderamata. James memberi kendang tradisional Papua Nugini ke Prabowo, sebaliknya, Prabowo memberi cenderamata berupa Keris.

Prabowo kemudian mengantar James hingga masuk ke dalam mobilnya seraya keduanya berpamitan dan mengucapkan terima kasih.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)