alexametrics

Salat Jumat di Masjid Syuhada Yogyakarta, Jokowi Disambut Antusias Warga

loading...
Salat Jumat di Masjid Syuhada Yogyakarta, Jokowi Disambut Antusias Warga
Presiden Jokowi menyapa warga seusai melaksanakan salat Jumat di Masjid Syuhada, Kotabaru, Yogyakara, Jumat (7/6/2019). Foto: SINDOnews/Priyo Setyawan
A+ A-
YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dua putranya, Gibran dan Kaesang, serta cucunya Jan Ethes, melaksanakan salat Jumat di Masjid Syuhada, Kotabaru, Yogyakarta, Jumat (7/6/2019). Jokowi bersama rombongan tiba pukul 11.45 WIB dan disambut para pengurus yayasan Masjid Syuhada Yogyakarta di tangga pintu masjid.

Setelah itu, Jokowi duduk di saf pertama atau baris pertama di belakang imam. Di sampingnya duduk dua putranya, Gibran dan Kaesang, serta cucunya Jan Ethes. Salat Jumat itu diimami Harsoyo yang kesehariannya menjabat Ketua Pembina Yayasan Masjid Syuhada Yogyakarta, dengan khatib Ustaz Warjani dari Bantul. Inti dari khotbanya, Ustaz Warjani memberikan penjelasan apa saja yang harus dipersiapkan saat meninggalkan Ramadhan dan menyambut Syawal.

Usai salat Jumat, Jokowi sebelum meninggalkan Masjid Syuhada menyapa warga, baik yang berada dalam masjid dan salat Jumat bersama maupun yang ada di halaman dan luar masjid. Jokowi juga melayani warga yang ingin berfoto dengan dirinya.



Warga terlihat antusias dengan kehadiran Jokowi di masjid Syuhada tersebut. Terbukti, kaum wanita dan yang tidak ikut salat Jumat pun sudah menunggu di luar masjid sejak sebelum kedatangan hingga Jokowi selesai salat Jumat. Mereka mengantre ingin bersalaman dan berfoto dengan Jokowi.

Jokowi pun dengan ramah dan sabar melayani para warga. Setelah itu Jokowi meninggalkan masjid dan kembali ke Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta. Namun sesampainya di Malioboro, Jokowi bersama dua putra dan cucunya Jan Ethes kembali naik andong dalam perjalanan ke Istana Negara Gedung Agung.

Ini merupakan kali kedua Jokowi naik andong. Sebab pada Kamis (6/6/2019) malam juga naik andong dari Malioboro Mall menuju Istana Negara Gedung Agung usai jalan-jalan di Malioboro dengan cucunya Jan Ethes.

Warga Bangungtapan, Bantul, Pasha, mengaku senang dapat bertemu dan berfoto dengan presiden. Ia memang sengaja datang dan salat Jumat di Masjid Syuhada setelah mengetahui Jokowi salat di masjid ini. "Iya, dapat berfoto saat ada di tangga masjid," ungkapnya senang.

Pengurus Sekretariat dan Rumah Tangga Masjid Syuhada Yogyakarta Hengki Desri Mulyadi mengatakan, informasi Jokowi salat Jumat di masjid itu sangat mendadak yakni pukul 09.00 WIB. Setelah mendapat informasi pihaknya langsung mempersiapkan penyambutan dan pukul 11.00 WIB lokasi sekitar masjid sudah steril. "Jokowi merupakan presiden kedua yang salat di masjid Syuhada, yang pertama Presiden Soekarno," katanya.

Jokowi berada di Yogyakarta sejak Kamis (6/6/2019) dan menginap di Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta. Selain membagi 3000 paket sembako kepada warga, Jokowi bersama cucunya Jan Ethes pergi ke Malioboro Mall dan pulangnya naik andong dari Maloboro Mall ke Gedung Agung.

Jumat (7/6/2019) ini Jokowi berkunjung ke Kraton Yogyakarta, dilanjutkan salat Jumat di Masjid Syuhada. Setelah itu dijadwalkan ke kediamannya di Solo dan Sabtu (8/7/2019) besok kembali ke Jakarta.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak