Khofifah Ajak Warga Jatim Salat Ghaib untuk Ani Yudhoyono

Minggu, 02 Juni 2019 - 02:44 WIB
Khofifah Ajak Warga Jatim Salat Ghaib untuk Ani Yudhoyono
Khofifah Ajak Warga Jatim Salat Ghaib untuk Ani Yudhoyono
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh warga Jatim melakukan salat ghaib untuk almarhumah Ibu Ani Yudhoyono, istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, yang wafat Sabtu 1 Juni 2019.

Setelah empat bulan dirawat intensif di rumah sakit National University Hospital Singapura (NUHS) akibat penyakit leukimia atau kanker darah, Ibu Ani Yudhoyono menghembuskan napas terakhir pukul 11.58 waktu Singapura.

"Wafatnya Ibu Ani Yudhoyono adalah duka bagi seluruh warga bangsa Indonesia," ujar Khofifah di Surabaya, Sabtu 1 Juni 2019.

Untuk itu, orang nomor satu di Jatim ini mengajak seluruh warga Jatim memberikan penghormatan dan doa untuk almarhumah dengan salat ghaib bersama di Masjid Nasional Al Akbar nanti malam.

"Saya mengajak seluruh warga Jatim untuk salat ghaib untuk Ibu Ani Yudhoyono bersamaan dengan salat tarawih nanti malam di masjid atau musala terdekat," ujarnya.

Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang beragama lain, Khofifah juga mengajak untuk ikut mendoakan almarhumah Ibu Ani Yudhoyono sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

"Untuk umat yang beragama lain silahkan mendoakan sesuai agama dan keyakinan masing-masing," tandasnya.

Mengenang sosok ibu negara yang mendampingi Presiden SBY selama sepuluh tahun memimpin Indonesia, Khofifah mengatakan, almarhumah Ani Yudhoyono adalah figur istri yang sangat mendukung dan menguatkan pengabdian dan perjuangan suaminya.

"Selama 10 tahun menjadi ibu negara, hampir tidak punya jadwal agenda sendiri kecuali di Jakarta. Jadi jika ada jadwal keluar kota ya itu adalah jadwal mendampingi Pak SBY," urainya.

Tidak hanya itu, keteladanan sosok Ani Yudhoyono yang setia mendukung Presiden SBY juga pernah dibuktikan sendiri oleh Khofifah. Khofifah ingat, suatu saat Ibu Ani Yudhoyono mengirimkan pesan untuk Khofifah melalui seorang ajudan. Saat itu Khofifah sedang rapat bersama Pak SBY saat menjadi Menkopolhukam.

"Bu Ani kebetulan telpon saat saya di kantor menkopolhukam. Sambil joke beliau sampaikan. Tolong sampaikan ke Bapak kalau saya selalu menunggu dengan sabar di rumah," saat itu di tengah kami berbincang dengan beberapa menteri dan wartawan langsung saya sampaikan,: ucap Khofifah mengutib pesan Ibu Ani Yudhoyono yang disampaikan padanya.

"Saat itu Pak SBY langsung tertawa. Jadi betapa seorang istri itu luar biasa memberikan support psikologis dan doa, atas suksesnya suami," imbuhnya.

Atas wafatnya ibu Ani Yudhoyono, Khofifah menyampaikan duka dan bela sungkawa yang mendalam. Ia juga mendoakan agar almarhumah Ibu Ani Yudhoyono meninggal dunia dalam keadaan yang khusnul khotimah.

"Sekali lagi saya mengajak seluruh warga Jatim untuk mari bersama salat ghaib di Masjid dan musholla terdekat saat rangkaian salat tarawih. Khusus masyarakat Surabaya dan sekitarnya saya mengajak salat ghaib di masjid Al Akbar nanti malam sembari salat tarawih berjamaah," pungkas Khofifah.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5495 seconds (0.1#10.140)