Bukan Serangan Negara Lain, Menkominfo Ungkap Pelaku yang Serang PDN

Kamis, 27 Juni 2024 - 21:53 WIB
loading...
Bukan Serangan Negara Lain, Menkominfo Ungkap Pelaku yang Serang PDN
Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/6/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo ) Budi Arie Setiadi memastikan serangan terhadap server Pusat Data Nasional (PDN) bukan berasal dari negara lain. Serangan berasal dari non state actor yang bermotif ekonomi.

Budi Arie menjelaskan, dari setiap serangan siber yang terjadi, pihaknya selalu menganalisis apakah serangan ini dilakukan oleh negara lain (in state actor) atau bukan berasal dari negara (non state actor). Saat ini, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari tim yang bekerja di PDNS Surabaya, darimana serangan itu berasal.

"Di forum ini saya ingin tegaskan bahwa kesimpulan mereka ini non state actor dengan motif ekonomi. Itu udah Alhamdulillah dulu," kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/6/2024).



Menurutnya, akan jauh lebih berat apabila serangan itu berasal dari negara lain. Ia lalu mencontohkan apa yang telah terjadi di negara lain.

"Kayak beberapa bulan lalu, pemerintah Saudi Arabia diserang oleh hacker-hacker Iran. Karena negara actornya, itu berat," ujarnya.

Budi berjanji Kominfo akan melaporkan secara berkala kepada seluruh anggota Komisi I DPR terkait perkembangan pemulihan PDNS 2 di Surabaya.

"Karena dari tahap yang sudah kita lakukan paling tidak identifikasi, deteksi, proteksi, juga kita lakukan terhadap PDNS 1, ini juga kita terus lakukan pemulihan dalam waktu yang segera dan secepatnya," katanya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)
pixels