Persiapan Upacara HUT ke-79 RI, Sebanyak 76 Paskibraka Diberangkatkan ke IKN Agustus

Senin, 24 Juni 2024 - 17:42 WIB
loading...
Persiapan Upacara HUT...
Wakil Kepala BPIP Rima Agristina menyebut, ada 76 Paskibraka yang akan melaksanakan upacara HUT ke-79 RI diberangkatkan ke IKN pada 10 Agustus 2024. Foto/SINDOnews/danandaya arya putra
A A A
JAKARTA - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024. Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibraka) juga telah dibentuk oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina menyebut, ada 76 Paskibraka yang akan diberangkatkan ke IKN pada 10 Agustus 2024. Sesampainya di IKN para Paskibraka ini akan melakukan gladi persiapan upacara.

"Berangkat dari Jakarta direncanakan tanggal 10 Agustus kita akan melaksanakan proses pemindahan pasukan dari Jakarta ke IKN," ujar Rima di Kantor BPIP, Senin (24/6/2024).



Rima menyebut sebelum mereka menuju IKN, 76 Paskibraka ini akan menjalani diklat terlebih dahulu di Jakarta. Pelaksanaan diklat akan dilakukan pada pertengahan bulan Juli.

"Khusus untuk paskibraka yang menjadi kewenangan BPIP bahwa pemusatan diklat kami laksanakan di Jakarta kemudian pada waktunya nanti diberangkatkan ke IKN untuk pelaksanaan upacara," ujarnya.



Diklat akan dimulai pembelajaran aktif, BPIP juga akan memberikan pembekalan Pancasila, wawasan kebangsaan serta menteri-menteri terkait perkembangan kepribadian dan juga kepemimpinan. "Selanjutnya adik-adik akan mengikuti proses pelatihan baris berbaris dan formasi untuk upacara," ujarnya.

Rima menjelaskan , 76 Paskibraka yang akan bertugas di IKN, itu merupakan perwakilan dari masing-masing provinsi di Indonesia. Setiap provinsi mengirimkan putra dan putri terbaiknya untuk mengibarkan bendera merah putih di IKN.

"Jadi kalau Paskibrakanya tetap mewakili 38 provinsi kita merekrut sebanyak 76, setiap tahun sesuai jumlah provinsi dikalikan dua. 38 kali dua sebanyak 76 Paskibraka atau dua pasang dari setiap provinsi," ujarnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)