DMI Ajak Remaja Masjid Perkuat Ukhuwah Islamiyah

Senin, 06 Mei 2019 - 19:19 WIB
DMI Ajak Remaja Masjid Perkuat Ukhuwah Islamiyah
DMI Ajak Remaja Masjid Perkuat Ukhuwah Islamiyah
A A A
JAKARTA - Memasuki bulan suci Ramadhan, Dewan Masjid Indonesia (DMI) melakukan konsolidasi dengan mengumpulkan organisasi kepemudaan dan remaja masjid.

Adapun organisasi kepemudaan dan remaja masjid d iantaranya Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI),Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF), dan Prima.

Dalam pertemuan tersebutm, Wakil Ketua Umum DMI Syafruddin mengajak seluruh organisasi pemuda dan remaja masjid di bawah binaan DMI untuk menguatkan ukhuwah Islamiyah, menjaga persatuan umat dan mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang positif.

"Saya secara pribadi sangat concern dengan perkembangan pemuda dan remaja masjid yang ada karena nantinya ditangan anda perkembangan peradaban Islam akan di kelola. Untuk itu jaga selalu ukhuwah Islamiyah, isi Ramadhan dengan berbagai kegiatan positif dan jadikan masjid sebagai pusat agama, pendidikan, ekonomi, dan budaya," tutur Syafruddin di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Menurut dia, pertemuan semacam ini perlu dilakukan agar seluruh organisasi pemuda dan remaja masjid memiliki kesamaan visi dan misi dalam menghadapi perubahan yang terjadi dan tidak salah melangkah dalam menyongsong kebangkitan peradaban Islam.

Dia meyakini organisasi pemuda dan remaja masjid memiliki potensi besar yang harus dikembangkan dalam berbagai bidang sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh seluruh umat.

"Silakan setiap organisasi berjalan sesuai AD/ART, tidak akan pernah ada intervensi asalkan satu tujuan yaitu umat Islam bersatu. Sebab umat muslim Indonesia sangat diperhitungkan dunia internasional, akan sangat meruginya jika ternyata umat tidak bersatu," tutur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini.

Syafruddin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh anggota organisasi kepemudaan dan remaja masjid DMI.

Dia berharap kebersamaan yang telah dibangun ini akan selalu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan kemajuan peradaban Islam. Syafruddin berjanji akan hadir di setiap kegiatan yang akan diadakan oleh masing-masing organisasi kepemudaan dan remaja masjid.

Pada Ramadhan kali ini, setiap organisasi kepemudaan dan remaja masjid binaan DMI telah menyiapkan berbagai kegiatan. Seperti JPRMI akan mengadakan kegiatan bersih-bersih masjid sebagai bagian dari Gerakan Masjid Bersih yang digagas DMI.

Kegiatan pawai obor di beberapa kota, pesantren kilat dan juga akan mengadakan safari ramadan serta tabligh akbar. "Nantinya setiap pengurus JPRMI akan mendatangi pengurus remaja masjid di lingkungannya," ujar Yosse Hayatullah, perwakilan JPRMI.

Sedangkan Prima pada Ramadhan kali ini akan fokus melakukan konsolidasi pengurus dan menguatkan kaderisasi di wilayah Jawa Barat, Banten, dan Jakarta. Terkait hal tersebut, rencananya Prima akan mengadakan rapat kerja pimpinan pada tanggal 11-12 Mei mendatang untuk merumuskan kegiatan PRIMA kedepannya. Prima juga akan mengadakan safari dakwah dan pesantren Ramadhan selama bulan Ramadhan.

Begitu pula dengan ISYEF, organisasi kepemudaan yang fokus pada pengembangan prekonomian umat berbasis masjid ini akan mengadakan Khatam Fest di tujuh kota besar Indonesia. Rangkaian kegiatan berupa pengajian bersama dan juga dialog pengembangan ekonomi umat.

ISYEF juga akan mengadakan ngabuburit dan juga stand up comedy di beberapa masjid. "Kami akan melakukan kegiatan ramadan untuk lebih mendekatkan diri lagi dengan kaum milenial sehingga mereka dapat lebih mengenal dengan ISYEF POINT," ungkap Muhammad Atras, Ketua ISYEF.

Organisasi BKPRMI akan melakukan kegiatan Ramadhan internasional dengan melakukan kunjungan ke Kamboja dan Vietnam dalam rangka silaturahmi ramadan dengan pemuda dan masyarakat Islam di dua negara tersebut.

Buka puasa bersama kaum dhuafa dan anak yatim juga akan dilakukan oleh BKPRMI. Selain itu tentu saja kegiatan safari ramadan yang dilakukan oleh seluruh pengurus BKPRMI. Nantinya juga akan diadakan buka puasa bersama dengan seluruh organisasi pemuda dan remaja masjid DMI.

Rencananya setiap rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh setiap organisasi pemuda dan remaja masjid tersebut akan ditayangkan oleh Tawaf Tv untuk menguatkan syiar Islam bagi umat.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6993 seconds (0.1#10.140)