PBNU Tetapkan Awal Puasa Ramadhan Besok Senin

Minggu, 05 Mei 2019 - 20:15 WIB
PBNU Tetapkan Awal Puasa Ramadhan Besok Senin
PBNU Tetapkan Awal Puasa Ramadhan Besok Senin
A A A
JAKARTA - Dalam rangka penentuan awal Bulan Ramadhan 1440 H, Tim Rukyatul Hilal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)/ Lembaga Falakhiyah telah melakukan rukyatul hilal bil fi'li di beberapa lokasi rukyah dan telah berhasil melihat hilal (bulan) pada Senin (6/5/2019).

"Atas dasar rukyatul hilal tersebut dan sesuai dengan pendapat Almadzahibul Arba'ah maka dengan ini PBNU mengikhbarkan atau memberitahukan bahwa awal Ramadhan 1440 Hijriyah pada Senin, 6 Mei 2019," kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Minggu (5/5/2019).

"Kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya kami sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan dengan penuh keimanan, keyakinan," sambungnya.

PBNU juga menyerukan warganya untuk mengikuti pemerintah Indonesia dalam penetapan awal Ramadan dan Syawal. Kiai Said juga berpesan agar Ramadan bisa dijadikan sebagai momentum kerohanian untuk mensucikan diri dengan penuh peningkatan ketakwaan.

"Perbanyak membaca Alquran, zikir, beribadah dengan penuh kekhusyukan dan berbagai aktivitas sosial yang bermanfaat. Semoga amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT," tuturnya.

PBNU juga mengeluarkan instruksi yang ditujukan kepada para PWNU dan PCNU se-Indonesia untuk menyemarakkan Ramadan dengan berbagai kegiatan keagamaan berupa pengajian dan khatmil quran bersama-sama di masjid dan musala.

"Juga pengajian dan pendalaman kitab-kitab klasik di pesantren-pesantren NU," tuturnya.

Umat Islam juga diminta untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak amalan sunnah seperti itikaf di masjid, sedekah, membaca Alquran, dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

"Kami juga menyerukan kepada para dai atau mubaligh NU untuk selalu menyampaikan tausiyah Ramadan dengan ajaran tasamuh atau toleran, tawasud atau moderat, dan tawazun atau seimbang," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8850 seconds (0.1#10.140)