Kapolda Jateng Bakal Jabat Irjen Kemendag dan Maju Pilgub, Mendagri Respons Begini

Rabu, 19 Juni 2024 - 13:39 WIB
loading...
Kapolda Jateng Bakal...
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan keterangan kepada media di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (19/6/2024). FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dikabarkan akan maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024. Bersamaan dengan itu, Luthfi juga diisukan bakal menjabat sebagai Irjen Kementerian Perdagangan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan, alih status dari Anggota Polri ke jabatan sipil adalah hal yang diperbolehkan.

"Boleh saja, bisa saja kan kalau seandainya mungkin, dia kan masih ada kesempatan untuk alih status ke mana, ke sipil kan boleh. Mau dari TNI, dari Polri, alih status otomatis ... tidak lagi menjadi anggota Polri, pensiun dini. Dan kemudian alih status dengan open bidding biasanya alih status menjadi ASN Eselon I," kata Tito dalam keterangannya di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (19/6/2024).



Saat ini, kata Tito, bukan hanya TNI dan Polri tapi para pengusaha juga banyak yang ingin beralih status menjadi pejabat Eselon I di kementerian.

"Apalagi sekarang dibuka bukan hanya TNI/Polri, sekarang banyak pengusaha pun juga banyak yang alih status yang ikut open bidding. Tidak harus dari ASN TNI Polri, open bidding eselon 1, boleh," katanya.

Sebelumnya, Ahmad Luthfi saat ini masih berdinas alias tercatat sebagai anggota Polri aktif dan baru akan pensiun pada November 2024 mendatang. Saat ditanya apakah akan menuntaskan masa dinasnya alias pensiun di November mendatang, Luthfi menyebut hal itu ranah pimpinan Polri.

"Ah itu tergantung pimpinan kan, saya nggak tahu. Namanya prajurit itu kan prasojo, jujur, irit. Saya prajurit, namanya prajurit itu kan mbuh dikon opo wae maju (tidak tahu, disuruh apa saja maju)," kata Ahmad Luthfi saat diwawancara di Mapolda Jateng, Kota Semarang, Rabu (24/4/2024).



Pun demikian, saat ini Ahmad Luthfi yang kelahiran Surabaya Jawa Timur itu tidak ambil pusing soal namanya santer digadang-gadang potensial memimpin Jawa Tengah sebagai gubernur.

"Nggak, itu kan masyarakat, tapi selama masih dinas enggak ya, belum ya, masih dinas," lanjutnya.

Begitu juga saat ditanya wartawan perihal Partai Golkar adalah salah satu partai yang membuka pintu baginya untuk maju sebagai Cagub Jateng. "Ya itu urusannya partai, saya masih dinas," katanya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)