Evakuasi Warga Palestina ke Indonesia, Panglima TNI Siapkan 3 Pesawat

Sabtu, 15 Juni 2024 - 08:17 WIB
loading...
Evakuasi Warga Palestina ke Indonesia, Panglima TNI Siapkan 3 Pesawat
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengungkap, pihaknya telah menyiapkan tiga pesawat. Hal ini guna mengevakuasi warga Palestina. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengungkap, pihaknya telah menyiapkan tiga pesawat. Hal ini guna mengevakuasi warga Palestina yang mengalami luka-luka akibat perang, untuk dirawat di Indonesia.

Panglima TNI menjelaskan, tiga pesawat yang akan dikerahkan adalah milik TNI AU, yakni Boeing-737 400/500 serta Hercules C-130 tipe J dan Tipe H.

"Ya (tiga pesawat) itu untuk evakuasi. Untuk evakuasi pasien dari Gaza dibawa ke Indonesia," kata Agus kepada wartawan, dikutip Sabtu (15/6/2024).



Pesawat Boeing dapat menampung 41 crew, dengan 86 penumpang dan logistik hingga 10.000 kilogram, sedangkan pesawat Hercules tipe J dapat menampung penumpang dan crew sebanyak 51 orang, dan tipe H sebanyak 55 orang.

Panglima TNI menjelaskan, pesawat tersebut akan mengevakuasi warga Palestina ke Indonesia untuk dirawat di rumah sakit milik TNI yakni Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, dan Rumah Sakit Panglima Besar (Pangsar) Soedirman.

"Kita siapkan rumah sakit TNI di Indonesia, RSPAD dan RS Pangsar Soedirman," ucapnya.

Kedua rumah sakit itu, kata Panglima TNI, dapat menampung hingga seribu lebih pasien dari Palestina. "Iya, 1.000 pasien. Bisa lebih," katanya.

Dia belum dapat memastikan kapan evakuasi dilakukan. Namun dia menjelaskan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan semuanya.

"Ya kalau untuk persiapannya saya sudah mulai. Saya sudah mengecek ke batalyon, saya persiapkan, sudah siap untuk rumah sakit lapangan, sudah siap dengan personelnya," tutupnya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)
pixels