TNI Siap Kirim Ribuan Pasukan ke Gaza, Begini Faktanya

Jum'at, 07 Juni 2024 - 15:49 WIB
loading...
TNI Siap Kirim Ribuan...
Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap untuk mengirim pasukan ke Gaza apabila diberikan mandat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). FOTO/DOK.TNI AD
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) dikabarkan siap mengirim pasukan ke Gaza, Palestina. Hal ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan operasi perdamaian .

Sebagaimana diketahui, krisis kemanusiaan di Gaza tampak semakin memprihatinkan belakangan ini. Israel dengan dalih memburu para serdadu kelompok Hamas membombardir setiap sudut wilayah di Gaza tanpa peduli keberadaan warga sipil di sekitarnya.

Kondisi di Gaza memang telah menjadi perhatian dunia internasional, termasuk Indonesia. Dukungan terhadap Gaza dan warga Palestina terus digemakan warganet Tanah Air tanpa kenal lelah.



Terbaru, Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga dikabarkan sudah bersiap untuk mengirim pasukan ke Gaza. Berikut ini faktanya yang bisa diketahui.

Fakta TNI Siap Kirim Pasukan ke Gaza

1. Siap Jika Diberikan Mandat

Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap untuk mengirim pasukan ke Gaza apabila diberikan mandat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal ini disampaikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto saat menggelar rapat dengan Komisi I DPR RI di Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Mengutip keterangan dari laman resmi TNI, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan kesiapan pasukannya untuk ditempatkan sebagai pasukan perdamaian dunia di Jalur Gaza, Palestina. Namun, semua itu dilakukan jika mendapat mandat dari PBB.

2. Terjunkan Brigade Komposit

Apabila nantinya mendapat mandat dari PBB, TNI siap mengerahkan Brigade Komposit. Unit ini terdiri atas Batalyon Support, Batalyon Kesehatan, Batalyon Zeni, dan Batalyon Perbekalan.

Kemudian, ada juga 2 unit kapal rumah sakit yang dilengkapi dengan dokter, perawat serta peralatan kesehatan, rumah sakit lapangan. Sebagai pelengkap, siap diterjunkan pula 2 unit Helikopter TNI AU.

3. Masing-masing Pasukan Punya Fungsi

Masing-masing bagian dari Brigade Komposit memiliki fungsinya masing-masing. Sebagai contoh, dua kapal yang disiapkan nantinya adalah KRI dr. Radjiman dan KRI dr. Soeharso.

Adapun alasannya karena kedua kapal itu mampu memberikan perawatan bagi masyarakat setempat (Gaza) yang terdampak konflik. Kemudian, ada pula Batalyon Zeni yang diharapkan mampu merehabilitasi konstruksi bangunan.

Lalu, Batalyon Perbekalan juga dapat membuat dapur umum. Sedangkan Batalyon Support difungsikan untuk melakukan pengamanan selama misi berlangsung.

4. Masih Butuh Persiapan Administrasi

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menerangkan bahwa personel dan materil pasukan sudah dilengkapi. Namun, masih perlu persiapan dari kebutuhan administrasi yang akan ditindaklanjuti.

Maka dari itu, TNI sudah melakukan rapat koordinasi dengan beberapa Kementerian terkait untuk menindaklanjutinya. Sebut saja seperti Kemhan, Kemlu, Kemenkes, dan lainnya.

5. Manfaat Kehadiran TNI di Gaza

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menekankan bahwa pengiriman pasukan perdamaian dari TNI ke Gaza, dilakukan apabila mendapat mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Masalah ini masih terus dikoordinasikan dengan pihak terkait sampai sekarang.

Lebih jauh, ada beberapa manfaat dari kehadiran TNI di Gaza, baik untuk warga Palestina maupun Indonesia sendiri.

Sementara di sisi TNI, hal tersebut bisa mewujudkan pengakuan internasional berupa kontribusi dalam pasukan penjaga perdamaian. Selain itu, pengiriman pasukan juga menjadi wujud dari penguatan diplomasi sesuai dalam Pokok Pokok Kebijakan Panglima TNI 2024 yaitu TNI yang PRIMA.

Itulah sederet fakta terkait TNI yang siap kirim pasukan ke Gaza.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)