3 Jenderal Polisi yang Dapat Jabatan Sipil di Pertengahan 2024, Ini Sosoknya?

Rabu, 12 Juni 2024 - 06:37 WIB
loading...
3 Jenderal Polisi yang Dapat Jabatan Sipil di Pertengahan 2024, Ini Sosoknya?
Komjen Pol Reynhard SP Silitonga saat dilantik menjadi Irjen Kemenhumham. FOTO/Kemenkumham
A A A
JAKARTA - Jenderal polisi yang mengisi jabatan sipil pada pertengahan 2024 sudah tercatat ada tiga orang. Jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah jika Irjen Pol Ahmad Lutfi ditetapkan menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sebab, proses pengangkatan Ahmad Lutfi sebagai Irjen Kemendag ini sudah hampir selesai menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Ini akan menambah jumlah jenderal aktif polri yang mengisi jabatan sipil.

Jabatan sipil yang boleh diduduki oleh Polri ini mengacu pada UU Nomor 2/2002 tentang Polri. Meski begitu, pada 2020 sempat ada wacana untuk pembatasan anggota TNI dan Polri yang hendak mengisi jabatan sipil, tapi hingga saat ini batasan tersebut masih belum dijelaskan jumlahnya.



Aturan ini membuat jenderal aktif Polri terlihat bertebaran mengisi berbagai posisi di Kementerian atau Lembaga Negara lainnya.

3 Jenderal Polisi yang Dapat Jabatan Sipil

1. Komjen Pol Reynhard SP Silitonga

3 Jenderal Polisi yang Dapat Jabatan Sipil di Pertengahan 2024, Ini Sosoknya?


FOTO/IST

Pada 5 April 2024 lalu, Reynhard SP Silitonga dilantik menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Kedudukan baru ini lantas membuat pangkatnya yang sebelumnya Irjen, naik menjadi Komjen.

Sebelum menjabat sebagai Irjen Kemenkumham, pria kelahiran 8 September 1967 ini sempat menduduki posisi Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham di tahun 2020 lalu. Pada tahun yang sama, ia juga pernah menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Jabatannya Kemenkumham sendiri telah dimulai sejak 2019, ketika menjadi Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kemenkumham. Reynhard SP Silitonga merupakan lulusan Akpol 1989 yang berpengalaman dalam bidang reserse.

Sejumlah posisi strategis di Polri yang pernah didudukinya antara lain, Dirresnarkoba Polda Sumut tahun 2015, Dirresnarkoba Polda Jateng, dan Kabagbanhatkum Divkum Polri tahun 2016, serta Irbidjemen SDM II Itwil V Itwasum Polri di 2018.

2. Komjen Pol Setyo Budiyanto

3 Jenderal Polisi yang Dapat Jabatan Sipil di Pertengahan 2024, Ini Sosoknya?

FOTO/IST
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2335 seconds (0.1#10.140)
pixels