Jokowi Undang Mantan Presiden Hadiri Upacara 17 Agustus di IKN

Selasa, 11 Juni 2024 - 13:16 WIB
loading...
Jokowi Undang Mantan Presiden Hadiri Upacara 17 Agustus di IKN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengundang tamu-tamu penting seperti mantan Presiden RI untuk menghadiri Upacara 17 Agustus di IKN. Foto/Raka DN
A A A
JAKARTA - Upacara 17 Agustus 2024 akan digelar di dua tempat yakni Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) bakal mengundang tamu-tamu penting seperti mantan Presiden RI untuk menghadiri Upacara 17 Agustus di IKN.

"Semuanya diundang, semuanya diundang. Ke IKN," kata Jokowi seusai meninjau Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan alasan dipilihnya IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dan Istana Kepresidenan Jakarta untuk Upacara 17 Agustus 2024 dalam rangka HUT ke-79 RI .

Jokowi menjelaskan bahwa saat ini masih dalam masa transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara. "Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara. Agar ada perjalanan menuju pindahnya itu keliatan. Jadi di sini (Jakarta) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan," kata Jokowi.



Alasan lainnya, kata Jokowi, yakni terkait dengan transportasi hingga akomodasi yang dianggap tidak mudah jika Upacara 17 Agustus dilakukan sepenuhnya di IKN. "Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah," kata Jokowi.

Lihat Juga: Upacara 17 Agustus: Jokowi-Prabowo di IKN, Ma'ruf-Gibran di Jakarta

Jokowi menyebut kemungkinan Upacara 17 Agustus akan dilakukan secara bersamaan di IKN pada tahun depan setelah diterbitkannya aturan yang baru.

"Nah, nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN saja," kata Jokowi.

Presiden Jokowi bakal memimpin Upacara 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), sedangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bakal memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta.

"Pak Wapres yang di sini, IKN insyaallah Pak Presiden langsung," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/6/2024).



Presiden Jokowi, kata Muhadjir, akan ditemani oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka akan menemani Wapres Ma'ruf di Jakarta.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)
pixels