Hadiri Perayaan Waisak Berani, Anies Bicara Makna Bhinneka Tunggal Ika

Minggu, 09 Juni 2024 - 21:16 WIB
loading...
Hadiri Perayaan Waisak Berani, Anies Bicara Makna Bhinneka Tunggal Ika
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Perayaan Waisak dan Diskusi Lintas Agama yang diadakan DPP Badan Persaudaraan Antariman (Berani). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan , menghadiri Perayaan Waisak dan Diskusi Lintas Agama yang diadakan Dewan Pengurus Pusat Badan Persaudaraan Antariman (DPP Berani), Sabtu (8/6/2024). Acara yang digelar di Wisma Sangha Theravada Indonesia (STI) Jakarta itu dihadiri tokoh lintas agama.

Anies yang hadir dalam acara tersebut memberikan pesan ketika berbicara tentang dialog peradaban lintas iman merawat dunia menjaga kehidupan masyarakat. Semua menyadari bahwa negeri ini amat Bhinneka Tunggal Ika.

"Bila kami merefleksikan, maka kita akan merasakan kalimat Bhinneka Tunggal Ika yang ada di lambang negara kita Garuda Pancasila itu kalimat yang mencerminkan suasana kita, ada Bhinneka Tunggal Ika yakni berbeda-beda tetap bersama dan bersatu. Ini tidak terjadi di bangsa-bangsa lain," ujarnya.



Dia mengatakan, bangsa ini sanggup mempersatukan menjadi sebuah kalimat dahsyat. "Kata tunggal karena itu yang membuat kita menyatu. Di sisi lain kita menghargai merawat bhinnekanya sehingga bhinekanya tidak hilang, dia tetap menjadi bagian dari sebuah tunggalnya bangsa Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Berani Pdt. Lorens Manuputty mengapresiasi acara ini. Dia melihat bahwa Indonesia ada dua krisis yakni kepemimpinan dan ideologi.

"Sebagai generasi sekarang nilai Pancasila berkurang dan budaya asing diterima sehingga keributan seringkali terjadi," ujarnya.

Daniel johan selaku inisiator Berani mengungkapkan komitmen alam menjaga dunia, tapi merawat kemanusiaan. "Krisis yang saat ini berlangsung, krisis hukum, politik dan jangan sampai krisis kepercayaan. Inilah yang kita jaga jangan sampai terjadi," katanya.

Acara ini dihadiri oleh pemuka agama buddha, YM. Bhikku Dhammasubo Mahathera, Romo Franz Magnis Suseno, pemuka agama Hindu, Kanjeng Astono, Pemuka agama Kristen, Pdt. Gomar Gultom, dan Pemuka Agama Konghucu Budi Santoso Tanuwibowo, serta dari Perwakilan Masjid Istiqlal, KH Mulawarman Hannase.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2642 seconds (0.1#10.140)
pixels