APIA 2024, Apresiasi untuk Guru PAUD Berprestasi

Sabtu, 08 Juni 2024 - 13:43 WIB
loading...
APIA 2024, Apresiasi untuk Guru PAUD Berprestasi
Askrindo PAUD Indonesia Awards (APIA) 2024 digelar di Auditorium Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jumat (7/6/2024). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Askrindo PAUD Indonesia Awards (APIA) 2024 digelar di Auditorium Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jumat (7/6/2024). Acara bertema 'Membangun AKHLAK Generasi Emas Indonesia' ini mendukung pembentukan Generasi Emas Indonesia melalui peran penting guru PAUD.

Hadir dalam kegiatan itu, Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, Direktur Guru PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbudristek bersama Direksi Holding IFG, Komisaris dan Direksi Askrindo, dan Direksi Askrindo Group. Hadir pula para Guru PAUD pemenang APIA yang berasal dari berbagai penjuru negeri.

Direktur Utama Askrindo, Fankar Umran menjelaskan, APIA merupakan kerja sama antara Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Askrindo dan PAUD Inspirasi Indonesia. Penghargaan diberikan kepada guru-guru PAUD yang berpotensi dalam meningkatkan mutu serta kemampuan mendidik anak usia dini, sehingga tercipta generasi emas yang berkualitas dan berakhlak. Di sisi lain, penghargaan ini ditujukan untuk guru-guru yang tidak kenal lelah memperjuangkan pendidikan di daerahnya karena pendidikan adalah hak semua anak-anak di tengah sulitnya pemerataan pendidikan.

"Kami berharap inisiatif ini dapat memotivasi lebih banyak guru untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak usia dini," kata Fankar dalam keterangannya, Sabtu (7/6/2024).

APIA mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah peserta dari tahun ke tahun. Pada 2021 di Magelang, APIA diikuti oleh 600 peserta, lalu meningkat menjadi 1.000 peserta pada 2022 di Yogyakarta. Pada 2024, APIA mencapai 1.500 pendaftar, dengan 15 guru PAUD berhasil terpilih untuk menerima penghargaan dalam 5 kategori, yakni guru PAUD mendongeng, mencipta lagu, inovatif, kreatif, dan heroik.

Program ini sesuai dengan fokus prioritas TJSL Kementerian BUMN. Salah satunya di bidang pendidikan dan menjadi perhatian Kemendikbudristek, sehingga diharapkan pelaksanaannya dapat konsisten dan berkelanjutan di masa mendatang.

"Dengan dukungan yang konsisten, kami yakin program ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi dunia pendidikan khususnya anak usia dini," ucapnya.

Askrindo berkomitmen terus menjalankan perannya dalam mendorong peningkatan layanan PAUD berkualitas secara holistik dan integratif, sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 4 tentang Pendidikan Berkualitas. "Kami percaya bahwa pendidikan yang baik dimulai dari usia dini, dan melalui Apresiasi seperti APIA, setiap anak usia dini Indonesia mendapatkan awal pendidikan yang terbaik yang diberikan oleh para guru PAUD," katanya.

Di acara yang bersamaan, Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono mengatakan, acara ini bukan hanya in line dengan program tanggung jawab sosial dan lingkungan BUMN, tetapi fokus pada pendidikan anak dini patut untuk diapresiasi.

"Awarding ini semoga memberikan kompetensi baru dan memberikan harapan untuk peningkatan kualitas pendidikan anak dini," katanya.

Dengan adanya acara APIA diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada para guru PAUD untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia, sehingga menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia demi membangun Generasi Emas Indonesia 2045.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0850 seconds (0.1#10.140)
pixels