Memotret Kebermanfaatan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa di Masyarakat Pelosok Banten

Jum'at, 07 Juni 2024 - 17:01 WIB
loading...
A A A
Tak hanya mengurus ternak domba itu, di sekeliling lahan tempat kandang domba, mereka juga bercocok tanam, mulai singkong, ubi, kelapa, pisang, dan berbagai tanaman holtikultura untuk pakan domba.

“Karena domba-domba ini tidak cukup kalau hanya diberi pakan rumput. Agar pertumbuhannya optimal, pakannya mesti dicampur juga dengan daun-daunan seperti daun lantoro dan lainnya,” kata Iwan yang mengaku mendapat bayaran berupa gaji dari pihak Dompet Dhuafa setiap bulannya.

Memotret Kebermanfaatan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa di Masyarakat Pelosok Banten

Iwan (tengah) bersama dua rekannya di Kandang Domba Jalupang,Kampung
Cinangrang, Desa Cidahu, Kec Banjarsari, Kabupaten Lebak, Banten. Foto: Istimewa

Beternak domba sekaligus bercocok tanam dirasakan Iwan sangat pas. Karena kotoran domba bisa diolah menjadi pupuk untuk tanaman, bahkan sebagian dari pupuk organik tersebut sudah ada yang menampungnya.

“Ya lumayanlah untuk tambahan biaya operasional ngurus domba,” ujar pria yang dulunya bekerja sebagai office boy di kantor pusat Dompet Duafa, di Jakarta.

Iwan mengusulkan, ke depan dirinya bersama tiga rekannya bisa mempunyai peran lebih dalam Program Plasma Dompet Dhuafa ini. Ia berkeinginan, nantinya mereka yang langsung mencari dan memilih domba yang akan mereka rawat.

Diketahui, domba-domba yang didatangkan pihak Dompet Dhuafa dikirim dari Wonosobo, Jawa Tengah. Karena jauhnya jarak dan harus hidup di lingkungan atau daerah yang baru, membuat domba-domba tersebut butuh waktu untuk beradaptasi.

“Kalau bisa dombanya dari wilayah Serang Banten ini saja, dan kami yang langsung mencari dan memilih bakalannya (bakalan domba untuk hewan kurban). Karena kami kan yang tahu persis domba jenis bagaimana yang sesuai untuk diternakkan di sini. Karena cuaca dan lingkungan yang baru juga berpengaruh dengan pertumbuhan domba,” tutur dia.

Tiga Tahun Tidak Makan Daging

Sebenarnya ada tiga titik lokasi Program Plasma Dompet Dhuafa, yang khusus untuk peternakan domba di Provinsi Banten. Selain di kampung Benoa, Serang dan Kampung Cinangrang, Lebak, program ini juga ada di Desa Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, persisnya di Pondok Pesantren Madinah Al-Hijrah, Jalan Raya Labuan-Pandeglang, No 16.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2356 seconds (0.1#10.140)