Komjen Polisi Kelahiran Jawa Timur, Nomor 3 Eks Direktur Penyidikan KPK yang Jabat Irjen Kementan

Rabu, 05 Juni 2024 - 06:10 WIB
loading...
Komjen Polisi Kelahiran Jawa Timur, Nomor 3 Eks Direktur Penyidikan KPK yang Jabat Irjen Kementan
Komjen Pol Setyo Budiyanto merupakan Pati Polri kelahiran Surabaya, Jawa Timur pada 29 Juni 1967 yang mengisi jabatan Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan). Foto/Itjen Kementan
A A A
JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (Pati) Polri kelahiran Jawa Timur mengemban pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) saat ini. Sebanyak tiga jenderal bintang tiga tersebut menduduki posisi strategis di Polri maupun Kementerian/Lembaga.

Mulai Brimob, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Kementerian Pertanian (Kementan). Ketiganya juga merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 hingga 1989.



Karier ketiganya di kepolisian juga cemerlang. Kenyang pengalaman, mereka pernah menduduki sejumlah posisi strategis di Korps Bhayangkara mulai dari Kapolsek, Kapolres, hingga Kapolda.

Daftar Komjen Polisi Kelahiran Jawa Timur

1. Komjen Pol Imam Widodo

Komjen Polisi Kelahiran Jawa Timur, Nomor 3 Eks Direktur Penyidikan KPK yang Jabat Irjen Kementan


Imam Widodo merupakan Pati Polri yang berpangkat Komjen kelahiran Jawa Timur. Pria yang menjabat Komandan Korps Brimob (Dankobrimob) ini lahir di Malang pada 22 September 1967.

Komjen Pol Imam Widodo merupakan Pati Polri yang sejak 14 Oktober 2023 ditugaskan sebagai Komandan Korps Brimob. Ia ditugaskan Kapolri untuk menggantikan Komjen Pol Anang Revandoko yang sudah memasuki usia purna tugas.

Imam Widodo adalah lulusan dari Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989. Dari riwayat pengalamannya, ia memang sudah banyak mengabdikan diri di kepolisian terutama bidang Brigade Mobil.

Selain pendidikan kepolisian umum, Imam Widodo juga banyak menempuh pendidikan lain. Beberapa di antaranya seperti PTIK, Sespim hingga yang terakhir adalah Sesko TNI.

Pria kelahiran 22 September 1967 ini banyak mendapatkan amanah pada posisi penting di kepolisian. Mulai dari Kapolres Tanjungpinang, Wadansat Brimob Polda Metro Jaya (2008), Dansat Brimob Polda Aceh (2010), Analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri (2019) hingga Dankorbrimob Polri (2023).

Sebelum menjadi perwira yang berpangkat jenderal, Imam Widodo juga pernah terjun di operasi pertempuran. Seperti Operasi Seroja, Pemberontakan di Aceh, dan Operasi Nemangkawi.

2. Komjen Pol Bambang Sunarwibowo

Komjen Polisi Kelahiran Jawa Timur, Nomor 3 Eks Direktur Penyidikan KPK yang Jabat Irjen Kementan


Berikutnya ada nama Bambang Sunarwibowo. Pria kelahiran Sumberpucung, Malang, Jawa Timur pada 24 Mei 1966 ini menyandang pangkat Komjen dengan mengisi jabatan
Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN).

Dia mulai menjabat Sekretaris Utama BIN pada 3 Maret 2020 menggantikan Zaelani. Selain itu, Bambang juga menjabat Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)
pixels