Lepas Keberangkatan 360 Jemaah Haji Solo, Wapres: Semoga Mabrur

Jum'at, 31 Mei 2024 - 21:19 WIB
loading...
Lepas Keberangkatan 360 Jemaah Haji Solo, Wapres: Semoga Mabrur
Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin melepas jemaah haji asal Solo Kloter 70 sebanyak 360 orang di Bandara Internasional Adi Soemarmo. Foto/istimewa
A A A
SOLO - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin melepas jemaah haji asal Solo Kloter 70 sebanyak 360 orang di Bandara Internasional Adi Soemarmo. Pelepasan itu dilakukan seusai meninjau pelayanan Fast Track Haji di Embarkasi Solo.

Wapres menyampaikan kabar gembira kepada para calon jemaah haji yang sedang berada di Pesawat Garuda GA-6170 dan akan lepas landas pukul 11.20 WIB menuju Makkah. Saat berdialog dengan para jemaah, Wapres menuturkan jemaah haji Indonesia mendapatkan pelayanan istimewa dari Pemerintah Arab Saudi.

"Dulu, pemeriksaan dilakukan di Jeddah dan memakan waktu sekitar lima jam. Sekarang, dengan adanya fasilitas fast track, pemeriksaan dilakukan di Indonesia hanya dalam waktu sebentar. Alhamdulillah, nanti setibanya di Jeddah, ibu-ibu dan bapak-bapak tidak perlu lagi menjalani pemeriksaan," ujarnya, Jumat (31/5/2024).



Wapres mengungkapkan pelayanan ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Menurutnya, Indonesia diberi keistimewaan dengan tiga lokasi embarkasi Fast Track, yakni di Jakarta, Surabaya, dan Solo. Keberadaan Pejabat Tinggi Arab Saudi di Solo saat ini, termasuk Kepala Imigrasi, menunjukkan dukungan penuh dari Arab Saudi terhadap fasilitas ini.

Selain itu, tambah Wapres, tahun ini Jemaah Haji Indonesia juga mendapatkan tambahan kuota sebanyak 20.000 orang, sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Arab Saudi.



"Alhamdulillah, ini adalah satu kemudahan yang diberikan Pemerintah Saudi. Selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur," kata Wapres.

Sebelum turun dari pesawat, Wapres pun sempat membimbing para jemaah untuk membaca doa talbiyah, sekaligus mendoakan keselamatan mereka selama melaksanakan ritual haji, hingga tiba kembali di Tanah Air.

Mendampingi Wapres dalam kesempatan ini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Mudi, Komite Pengawas Inisiatif, Direktur Jenderal Paspor, Letnan Jenderal Sulaiman bin Abdulaziz Al Yahya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)
pixels