Alexander Marwata Sayangkan Tak Ada Mantan Pimpinan KPK di Pansel

Jum'at, 31 Mei 2024 - 11:18 WIB
loading...
Alexander Marwata Sayangkan...
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyayangkan tidak ada mantan pimpinan KPK dari susunan panitia seleksi (pansel) calon pimpinan dan Dewan Pengawas lembaga antirasuah itu. Foto: SINDOnews/Nur Khabibi
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyayangkan tidak ada mantan pimpinan KPK dari susunan panitia seleksi (pansel) calon pimpinan dan Dewan Pengawas lembaga antirasuah itu. Eks pimpinan KPK penting menjadi bagian pansel agar lebih mengetahui lebih dalam mengenai sosok yang dibutuhkan untuk memimpin KPK.

"Sayangnya tidak ada mantan pimpinan KPK sebagai anggota Pansel, padahal kalau ada bisa memberikan gambaran sosok capim KPK seperti apa yang dibutuhkan sehingga upaya pemberantasan korupsi dipimpin oleh orang-orang tepat," ujar Alex, Jumat (31/5/2024).



Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani 9 nama pansel calon pimpinan dan Dewas KPK.

Alex berharap 9 nama yang sudah dipilih itu bisa bekerja optimal dalam mengemban amanat. "Semoga bisa bekerja dengan baik dan independen, pilih capim KPK yang profesional dan berintegritas," katanya.

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno mengatakan, Presiden Jokowi menunjuk Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh sebagai Ketua Pansel Calon Pimpinan dan Dewas KPK. Kemudian, Rektor IPB Arief Satria ditunjuk sebagai Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK.

Berikut susunan Pansel Capim dan Dewas KPK:

Ketua Pansel: Muhammad Yusuf Ateh (Kepala BPKP)
Wakil Ketua: Arief Satria (Rektor IPB dan ketua ormas)

Anggota:
Ivan Yustiavandana
Nawal Nely
Ahmad Erani Yustika
Ambeg Paramarta
Elwi Danil
Rezki Sri Wibowo
Taufik Rachman
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)