UKP Mardiono Ajak Masyarakat Lakukan Inovasi Pengolahan Pangan Lokal

Rabu, 29 Mei 2024 - 22:34 WIB
loading...
UKP Mardiono Ajak Masyarakat Lakukan Inovasi Pengolahan Pangan Lokal
Utusan Khusus Presiden, Muhamad Mardiono menghadiri Focus Group Discussion mengenai pengurangan foof loss and waste di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, DIY, dikutip Rabu (29/5/2024). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, Muhamad Mardiono mengajak seluruh masyarakat, koki, akademisi, perwakilan pelaku bisnis pangan, pemerintah daerah, dan pihak lainnya untuk melakukan inovasi pengolahan pangan lokal guna pengurangan food loss and waste (FLW). Hal ini disampaikannya saat sambutan Focus Group Discussion di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, DIY, dikutip Rabu (29/5/2024).

"Tujuan diselenggarakannya FGD kali ini adalah untuk mendapatkan masukan, gagasan, serta strategi kebijakan paling efektif untuk pengolahan pangan lokal dalam rangka mendukung gerakan nasional FLW di seluruh Indonesia khususnya DIY. Sekaligus kesepahaman peran dan tanggung jawab dari berbagai pihak," ujar Muhamad Mardiono.

Mardiono mengatakan, FLW perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya krisis pangan ke depan sekaligus mewujudkan ketahanan pangan. Sehingga memerlukan komitmen pemerintah bersama seluruh stakeholder lainnya.

"Permasalahan FLW tidak hanya menjadi isu lingkungan, namun juga menjadi isu sosial terkait masalah stunting, kerawanan pangan, dan kelaparan, serta isu ekonomi lainnya. Langkah ini hendaknya dapat diantisipasi oleh berbagai pihak, baik dunia industri, pendidikan, juga masyarakat pada umumnya. Sehingga dapat menjadi gerakan massal yang efektif, untuk menurunkan kerugian tersebut," jelasnya.

Pria yang juga sebagai pimpinan partai politik berlambang Ka'bah ini meminta para peserta FGD untuk terus melakukan inovasi pengolahan dan pengemasan makanan kuliner. Sebab, DIY sendiri merupakan daerah pariwisata nasional maupun internasional.

"Ini bisa dijadikan preferensi, seperti pengolahan kuliner seperti gudeg yang dikemas kalengan atau berbagai kudapan yang didesain sedemikian rupa sekali suapan, sehingga mengurangi sisa makanan dan sebagainya," tambahnya.

Sementara itu, salah satu narasumber sekaligus CEO Nusa Gastronomy Chef Ragil Imam Wibowo mengaku senang dapat berbagi inspirasi dan diskusi terkait pengurangan FLW. "Hari ini senang sekali dapat memberikan inspirasi inovasi pangan lokal yang sebenarnya dahsyat, sekaligus bagaimana caranya agar teman-teman semua bisa mengurangi FLW," kata Ragil.

Ragil pun berharap agar kegiatan serupa dapat terus digelorakan sehingga dapat menjadikan Indonesia lebih baik ke depannya. "Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini dari Kantor UKP dapat memberikan contoh kepada yang lainnya. Setidaknya menginspirasi teman-teman di food industry agar lebih aware dan mengerti cara pengolahan barang (sisa makanan) yang memiliki potensi nilai tambah," pungkasnya.

Adapun dalam FGD kali ini menghadirkan beberapa narasumber lainnya seperti, CEO Food Bank of Indonesia Hendro Utomo, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi DIY Singgih Raharjo, Indonesian Chef Association (ICA) Chef Lucky Permana, dan Executive Sous Chef Royal Ambarrukmo Yogyakarta Chef Eko Purjiyono. Forum ini juga dilakukan demo masak pangan lokal secara langsung oleh para narasumber yang hadir.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)
pixels